Eksposisi News, Sleman – “Mari kita kembalikan Yogyakarta seperti dulu Hamengkubuwono I membangun, kita jadikan wajah Yogyakarta menjadi lebih indah”, demikian ajakan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi dalam forum sarasehan “City of Philosophy: Kota Yogyakarta Menuju Warisan Dunia” pada Jum’at, 25 Juni 2021 di Royal Malioboro Hotel Yogyakarta.

Selain GKR Mangkubumi dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai Pembicara Utama, ada juga pembicara lain yaitu Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si. (Paniradya Pati Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta), Ir. Aman Yuriadijaya, M.M. (Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta), dan Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. (Rektor Universitas WidyaMataram Yogyakarta).

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai tindak lanjut dan bentuk dukungan atas pengusulan Sumbu Filosofi oleh Pemerintah Daerah DIY untuk menjadi salah satu Warisan Budaya Dunia Tak Benda (Intangible) ke UNESCO. Berdasarkan kesadaran bahwa salah satu elemen strategis pengembangan kawasan adalah dengan menyusun perencanaan tata kota yang baik.

Perencanaan tata kota yang baik harus menciptakan sinergi antar dimensi yaitu ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Dengan terwujudnya hal itu, akan menciptakan pola perencanaan tata kota yang berkelanjutan, partisipatif, dan memberi manfaat yang optimal bagi seluruh pemangku kepentingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here