Yogyakarta - Pesona-Tugu-Jogja-oleh-Ivan-Ahmad

Eksposisi, Yogyakarta – Kota Yogyakarta tengah mengajukan diri sebagai kota warisan dunia UNESCO. Belajar dari pengalaman Bursa, kota di Turki yang pada 2014 telah ditasbihkan sebagai Kota Warisan Dunia, sebuah kegiatan Focus Group Discussion bertajuk “Situs Warisan Dunia UNESCO: Perspektif dari Bursa dan Yogyakarta” dilakukan pada hari Selasa (24/08/2021).

Baca Juga : Kota Yogyakarta Menuju Kota Warisan Dunia

FGD ini digelar untuk memberikan gambaran filosofi dan upaya yang dilakukan oleh kota Bursa untuk menjadi kota warisan dunia UNESCO pada tahun 2014, serta bagaimana potensi kota Yogyakarta dalam upayanya untuk mengajukan diri sebagai kota warisan dunia UNESCO selanjutnya. Kegiatan ini mendatangkan narasumber dari berbagai sektor guna memotret gambaran besar Bursa dan Yogyakarta sebagai situs bersejarah dan memiliki warisan budaya tak ternilai di dunia.

Bursa merupakan kota yang terletak di Turki bagian barat dengan jumlah populasi sekitr 6 juta jiwa. Kota terbesar keempat di Turki ini dulunya merupakan pusat kerajaan Ottoman (1299–1922). Tak heran bila di sini terdapat banyak peninggalan bersejarah Turki, dan bisa dibilang menjadi yang kedua terbanyak setelah Istanbul.

Pada 2014, Bursa masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dengan delapan kawasannya yang tersebar di seluruh kota, termasuk kawasan religius pertama külliye. Kawasan tradisional ini memiliki karakteristik di mana terdapat masjid utama di bagian tengahnya, lalu dikelilingi oleh beberapa bangunan yang terdiri dari tempat mandi komunal, sekolah agama, dapur, rumah sakit, dan perpustakaan. Bursa memiliki banyak kawasan külliye yang tersebar di beberapa area, di antaranya Yildrim dan Muradiye.

Salah satu külliye yang populer bernama Yesil Complex dan merupakan satu dari beberapa peninggalan penting arsitektur Ottoman yang kaya akan tampilan masonry dan keramiknya. Sementara itu, terletak 10 kilometer dari pusat kota, terdapat Situs Warisan Dunia UNESCO lainnya bernama Cumalikizik. Di desa yang berusia lebih dari 700 tahun ini, wisatawan akan menemukan bangunan bergaya arsitektur Ottoman terbaik dengan dikelilingi rumah-rumah bergaya Ottoman yang dapat disusuri melalui gang-gang sempit.

Tempat lainnya yang menarik adalah kawasan puncak Gunung Uludağ. Dikenal juga dengan sebutan Sublime Mountain, Gunung Uludağ sebagai salah satu pusat olahraga musim dingin yang penting di Turki. Kawasan yang juga dijuluki Winter Wonderland ini menjadi pusat kegiatan musim dingin favorit dan diminati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here