Wall Street
Eksposisi News – Wall Street kembali mencapai rekor baru di sesi Kamis, acuhkan serangan kekerasan hari Rabu di Capitol AS demi optimisme untuk ekonomi yang lebih baik pada tahun 2021.

Dow Jones Industrial Average naik 0,7 persen ditutup pada level 31.041,13, penutupan pertama di atas level 31.000 poin. S&P 500 naik 1,5 persen ditutup pada level 3.803,79, sedangkan indeks teknologi Komposit Nasdaq naik 2,6 ditutup pada level 13.067,48.

Ketiga indeks utama Wall street menutup sesi pada level tertinggi baru sepanjang masa hanya dalam waktu 12 jam setelah Kongres akhirnya dapat secara resmi mengesahkan kemenangan Presiden terpilih Biden, yang menyebut massa yang menyerbu Capitol dan menunda debat sebagai “teroris domestik”.

Merujuk pada kontestasi yang memberi partai Biden kendali atas Senat, kejelasan di front politik tampaknya mendukung sentimen, karena Demokrat memperoleh mayoritas tipis di Kongres setelah pemilihan putaran kedua Georgia, kata analis Schwab.

Hal ini meningkatkan kemungkinan pemerintah akan mendorong tambahan stimulus untuk menggerakkan pemulihan yang lebih kuat, karena peluncuran vaksin pada akhirnya diharapkan menawarkan pengendalian Covid-19.

Tetapi kekacauan ekonomi masih mencolok, di mana PHK masih berlanjut dan pengajuan tunjangan pengangguran pada tingkat yang mengejutkan di bulan terakhir 2020. Investor akan fokus pada laporan pekerjaan Desember yang akan dirilis Jumat hari ini di mana para ekonom memperingatkan hanya menunjukkan kenaikan kecil atau bahkan penurunan sektor pekerjaan.

Setelah bursa Wall Street tutup, Departemen Kehakiman mengumumkan telah mendenda Boeing US$2,5 miliar untuk menyelesaikan tuduhan penipuan kriminal atas 737 MAX, yang dilarang terbang selama 20 bulan setelah dua kecelakaan fatal.

Jaksa penuntut menggambarkan kegagalan Boeing dalam istilah yang melemahkan, menuduh perusahaan menempatkan “keuntungan di atas keterusterangan” dan terlibat dalam “setengah kebenaran” dan “menutupinya.” CEO Boeing David Calhoun mengakui perusahaan “gagal” dalam menangani MAX.

Saham Boeing naik 0,8 persen selama sesi berjalan namun turun dengan jumlah yang sama dalam setelah jam perdagangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here