Eksposisi News – Voyagers adalah film fiksi ilmiah dari rumah produksi Lionsgate Amerika yang mulai ditayangkan di jaringan bioskop Cinema 21 pada Kamis (29/04/2021). Cerita dan disutradarai oleh  Neil Burger, bersama sejumlah bintang muda berbakat seperti Tye Sheridan, Lily-Rose Depp, Fionn Whitehead, Colin Farrell, Chanté Adams, Isaac Hempstead Wright, Viveik Kalra, Archie Renaux, Archie Madekwe dan Quintessa Swindell.

Berlatar masa depan, Voyagers menceritakan perjalanan 30 remaja pria dan wanita yang dikirim jauh ke luar angkasa dalam misi lintas generasi untuk mencari planet baru. Misi berubah menjadi kegilaan, karena sebuah temuan dalam perjalanan tersebut membawa kembali para krew ke keadaan semula. Mereka tidak tahu ancaman nyata yang mereka hadapi, bisa jadi apa yang ada di luar kapal atau siapa yang ada di dalamnya.

Penulis dan sutradara Neil Burger memang terkenal karena proyek sinematiknya yang provokatif, terutama film “The Illusionist (2006)”, “Limitless (thriller psikologis 2011)”, dan film trilogy “Divergent” yang diadaptasi dari novel fiksi ilmiah remaja karya Veronica Roth. Salah satu ide dari trilogy Divergent tentang kehidupan yang terkontrol, menjadi tema dalam karya Burger.

Dalam Divergent, Burger mengambil latar kehidupan Bumi yang tercemar dan menjalankan eksperiman tentang kehidupan yang dikontrol oleh penguasa demi kelangsungan kehidupan umat manusia. Sekarang Burger memusatkan perhatian pada luar angkasa dengan kisah petualangan berbau fiksi ilmiah.

Kisah dalam “Voyagers,” berputar di sekitar bahaya di dalam pesawat ruang angkasa lintas generasi yang membawa 30 kandidat manusia dalam misi satu arah untuk menjadi pioneer penghuni planet seperti Bumi dengan rentang perjalanan 86 tahun dari Bumi .

Masa depan umat manusia dipertaruhkan pada sekelompok remaja, dimana mereka sejak awal dipersiapkan sebagai generasi penjelajah. Lahir dari kehamilan tabung dengan membawa embrio genetis dari manusia-manusia unggulan, seperti pemenang Nobel dan ahli-ahli lainnya. Anak-anak ini dibesarkan untuk menjadi sebuah generasi dengan kecerdasan dan kepatuhan tertentu, demi melakukan ekspedisi untuk menjajah planet yang jauh.

VOYAGERS, Upaya Menemukan Planet Baru 1
Poster film Voyages (Lionsgate, 2021)

Perjalanan menuju planet baru ini membutuhkan waktu 86 tahun, sehingga sejak awal anak-anak ini telah dikirim ke luar angkasa dalam usia dini. Tumbuh dan berkembang didalam pesawat luar angkasa, hingga mereka beranjak di masa remaja.

Dengan bekal kecerdasan diatas rata-rata. mereka justru mampu mengungkap sebuah rahasia yang mengganggu tentang misi tersebut. Akhirnya mereka menentang pelatihan ini dan mulai menjelajahi sifat paling primitif mereka. Saat kehidupan di kapal berubah menjadi kekacauan, mereka dikuasai oleh rasa takut, nafsu, dan rasa lapar yang tak pernah terpuaskan akan kekuasaan.”

Untuk dapat menggambarkan kehidupan di dalam pesawat luar angkasa yang lebih rinci, Burger bahkan harus mengunjungi SpaceX untuk menciptakan lingkungan set yang realistis untuk para aktornya.

Ketertarikan Burger mengenai kondisi psikologis para astronot ini yang menjadi ide ceritanya. Menurutnya, “Saya tertarik dengan sifat manusia dalam ruang hampa. Kami telah melihat film luar angkasa lain yang pergi ke planet yang jauh, tetapi saya ingin mempelajari gagasan tentang bagaimana rasanya terkurung di salah satu kapal ini jika kami benar-benar akan pergi ke suatu tempat dan bagaimana cara kerjanya. Ini bukan pusat perbelanjaan di luar angkasa, Anda harus menghemat berat dan menghemat bahan bakar dan semuanya seminimal mungkin. Tempatnya sempit jadi kami merancang set ini dengan lorong panjang sempit yang mengarah ke kompartemen terbatas. Jadi, bagaimana orang bertahan di bawah tekanan semacam itu sepanjang hidup mereka. Dan jika segala sesuatunya mulai rusak, lantas bagaimana?”

Voyagers menerima kritikan sebagai tontonan yang sangat menarik. Dengan cerita yang menantang, Voyagers memberikan pandangan lain tentang upaya manusia menjelajah jagad raya inidaripada film bertema luar angkasa lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here