Eksposisi News – Para pembuat kebijakan di Amerika Serikat (AS), menggembar-gemborkan peningkatan secara bertahap jumlah rakyat AS yang telah menerima vaksinasi virus korona sebagai awal dari akhir perjuangan ekonomi melawan pandemi, tetapi data faktual menunjukkan peningkatan yang ditunggu-tunggu ternyata masih di garis awal. Penderitaan ekonomi AS mencapai posisi terparah, dipicu oleh virus mungkin telah berlalu. Sejak lonjakan infeksi saat ini dimulai musim gugur lalu, langkah-langkah perekrutan di bisnis kecil dan tempat kerja di berbagai industri tetap tertekan. Namun, mereka telah berhenti jatuh.

Data harian tentang jumlah pengunjung restoran dari OpenTable Here dan penumpang maskapai yang diperiksa oleh Administrasi Keamanan Transportasi baru-baru ini grafiknya masih mendatar. Berada dalam posisi sekitar 40% di bawah level tahun lalu. Angka kllaim untuk mendapatkan tunjangan pengangguran masih menunjukkan dislokasi mendalam yang dirasakan oleh para pekerja dalam perekonomian yang kurang lebih 9 juta pekerjaan dibandingkan setahun yang lalu. Departemen Tenaga Kerja melaporkan pada hari Kamis bahwa 847.000 orang mengajukan klaim asuransi pengangguran baru untuk pekan yang berakhir Januari. 23. Jumlah yang mengumpulkan tunjangan asuransi pengangguran dari program federal negara bagian dan darurat melonjak lebih dari 2,2 juta menjadi 18,2 juta dalam pekan yang berakhir Januari. 9.

Tetapi sedikit data yang menjanjikan. Meningkatnya jumlah orang yang mengumpulkan pembayaran didorong oleh penggunaan program darurat pandemi yang baru-baru ini diperpanjang oleh Kongres, yang berarti para pekerja yang mungkin dibiarkan tanpa bantuan mendapatkan jalur kehidupan yang diperbarui. Kombinasi dari tunjangan baru itu mulai mengalir ke pengangguran, cek satu kali ke sebagian besar AS. penduduk, dan tumpukan tabungan yang sudah disimpan oleh rumah tangga dapat menghasilkan peningkatan yang kuat begitu efek vaksin lebih dirasakan secara luas, kata Gregory Daco, kepala AS. ekonom dari Oxford Ekonomi.

Indeks pemulihan perusahaan melonjak 2 poin persentase minggu lalu karena prospek krisis kesehatan negara itu membaik, peningkatan satu minggu terbesar sejak Juni. Laju infeksi rata-rata mingguan telah turun menjadi sekitar 170.000 dari puncak lebih dari 250.000 dua minggu lalu.

Dengan sekitar $ 1,6 triliun tabungan ekstra yang disimpan oleh keluarga yang terbatas dalam kemampuan mereka untuk membelanjakan selama pandemi, “roket itu akan menyala dan siap diluncurkan setelah kondisi kesehatan membaik,” kata Daco.

Sebuah kajian lain baru-baru ini oleh Yelp menyimpulkan bahwa konsumen mungkin memang memiliki jari pelatuk yang gatal. Paska diumumkan pada bulan Desember bahwa beberapa vaksin efektif, aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan pernikahan melonjak 22% di situs ulasan online. Akan tetapi, mungkin perlu waktu agar rencana tersebut dapat direalisasikan secara penuh, karena rumah tangga menilai seperti apa kembalinya kehidupan normal yang aman.

Sementara kajian dari Conference Board juga baru-baru ini telah menemukan bahwa hampir dua pertiga responden mengatakan mereka tidak berharap untuk berlibur setidaknya selama enam bulan lagi. Dalam jajak pendapat Harris baru-baru ini, 30% responden mengatakan mereka tidak akan “merasa aman” makan di dalam ruangan di restoran sampai “negara mencapai kekebalan kelompok” – titik di mana virus tidak dapat menyebar secara efektif karena begitu banyak orang yang kebal.

Program vaksinasi di AS telah tersandung keluar dari gerbang. Lebih dari sebulan setelah vaksinasi pertama dimulai, hanya 24,6 juta dari 330 juta penduduk negara itu yang menerima satu dosis, dan hanya 3,8 juta yang menerima dua dosis yang dibutuhkan agar pengobatan menjadi efektif sepenuhnya. “Kami belum memenangkan ini,” kata Ketua Federal Reserve Jerome Powell dalam konferensi pers pada hari Rabu untuk membahas AS. keputusan kebijakan terbaru bank sentral. Dia menambahkan bahwa AS pemulihan akan tetap tidak lengkap sampai pandemi benar-benar berlalu.

Amerika Serikat melewati tahun 2020, dalam beberapa hal, lebih baik dari yang diharapkan. Setelah kecelakaan musim semi lalu yang disamakan dengan Depresi Hebat tahun 1930-an, data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan bahwa AS Produk domestik bruto pada akhir tahun lalu turun sekitar 2,5% dari levelnya di akhir tahun 2019. Namun, seperti yang dicatat para ekonom, output pulih lebih cepat daripada lapangan kerja, dengan teknologi dan perpindahan pekerjaan dengan produktivitas lebih tinggi ke kantor rumahan memungkinkan pertumbuhan PDB memisahkan diri dari pertumbuhan pekerjaan yang sesuai.

Pekerjaan di bisnis kecil di mana waktu pekerjanya dikelola oleh Homebase joinhomebase.com/data baru-baru ini menunjukkan sedikit peningkatan. Posting pekerjaan yang direncanakan di perusahaan hampir 30% di bawah level yang diprediksi, menurut perkiraan dari firma analitik Chmura www.chmuraecon.com/blog.

Perusahaan manajemen waktu UKG di sini memperkirakan bahwa kerja shift di berbagai industri tetap sekitar 18% di bawah tingkat pra-pandemi, dan mungkin berjuang sampai krisis kesehatan surut. “Pemulihan tenaga kerja nasional masih berjuang,” kata Dave Gilberston, wakil presiden UKG. Sementara vaksin menjanjikan, pemulihan pekerjaan “tetap stabil untuk sementara,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here