Rupiah Krisis
© Naviri Magazine

Eksposisi News – Rupiah telah mencapai level terendah dalam 5 bulan terhadap Dolar AS karena cadangan imbal hasil AS dan arus keluar portofolio obligasi. Bank Indonesia (BI) cenderung berhati-hati untuk tidak memperburuk tekanan depresiasi Rupiah melalui penurunan suku bunga lebih lanjut.

Prospek pertumbuhan yang membaik akan memberi BI ruang untuk mempertahankan suku bunga dan diperkirakan BI akan mengulangi sikap akomodatifnya dalam keputusan yang akan disampaikan pada Selasa, 20 April besok.

BI melihat Rupiah sebagai “sangat undervalued” menyusul depresiasi selama beberapa bulan terakhir.

Diyakini bahwa BI akan mempertahankan suku bunga reverse repo 7 hari di 3,50% pada Selasa 20 April di tengah kekhawatiran depresiasi Rupiah.

BI kemungkinan akan berhati-hati untuk tidak memperburuk tekanan depresiasi Rupiah melalui penurunan suku bunga lebih lanjut. Bagaimanapun, membaiknya prospek pertumbuhan akan memberi BI ruang untuk menahan suku bunga bulan ini. Kami berharap BI mengulangi sikap akomodatifnya. “

Diharapkan reaksi Rupiah akan terbatas dari keputusan yang ditahan pada pertemuan ini, terutama mengingat konsensus yang luas bagi BI untuk tetap bertahan. Pandangan lebih lanjut dari pertemuan BI mengungkapkan keprihatinan tentang pelemahan Rupiah dan komitmen untuk menjaga dukungan mata uang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here