Gerai Toyota Astra Motor di perhelatan GIIAS 2023. (Eksposisi News)

Toyota Astra Motor (TAM) tidak tanggung-tanggung dalam perhelatan akbar GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan membangun 3 booth sekaligus. Booth Toyota di Hall 5B, booth Lexus di Hall 7D (bersebelahan dengan main booth Toyota), dan yang terbaru booth Toyota Commercial Vehicle di Hall 3E. Toyota hadir dengan konsep booth berbeda yang lebih interaktif dan terintegrasi lewat berbagai panel dan pembagian area seperti GAZOO Racing, Mobility, dan Carbon Neutral. GR Area sebagai wahana showcase line-up dari brand GR termasuk race car TOYOTA GAZOO Indonesia (TGRI), beserta peranti pendukungnya seperti aksesoris dan aero kit GR, merchandise GR, dan game simulator GR menjadi satu di Hall 5B.

“Kami dedikasikan ajang GIIAS 2023 untuk memperlihatkan pengembangan teknologi carbon neutral mobility Toyota yang semakin advanced dan berkelanjutan. Mulai dari eco-friendly ICE (Internal Combustion Engine) vehicle, Electrified Vehicle, hingga Flex-fuel Vehicle yang lengkap dan sesuai kebutuhan pelanggan. Strategi ini untuk memperkuat pasar elektrifikasi di Indonesia yang terus berkembang, dari 1,9% tahun lalu menjadi 4,6% pada semester pertama 2023, di mana Toyota mendominasi market share hingga 49%. Toyota juga melihat peluang menggunakan bahan bakar alternatif yang terus dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dengan menghadirkan teknologi yang memungkinkan produk kita menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, sehingga penggunaan BBM fosil dapat dikurangi secara bertahap,” jelas Vice President PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Data penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota tumbuh pesat tahun ini, dari sebelumnya 4.436 unit di tahun 2022 menjadi 11.493 unit di semester pertama 2023 setelah kehadiran All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV. Melalui strategi Multi Pathway, Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap kepada masyarakat Indonesia, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV). Berdampingan dengan All New Yaris Cross HEV dan All New Kijang Innova Zenix HEV sebagai kendaraan elektrifikasi karya anak bangsa pertama, Toyota juga memajang BEV global pertama Toyota bZ4X dan memasarkan secara resmi Premium SUV All New RAV4 GR Sport PHEV.

Selain teknologi kendaraan elektrifikasi yang berkembang pesat, Toyota juga melakukan pengembangan Flex-Fuel Technology dengan pemanfaatan bahan bakar ramah lingkungan yang lebih fleksibel dalam penggunaan energi alternatif baru dan mempercepat pengurangan emisi karbon. Toyota memperkenalkan Corolla Cross Hybrid EV untuk pasar Brazil dan konversi Fortuner produksi lokal yang sudah 100% kompatibel dengan bahan bakar Bioetanol (E100), bersama concept car Corolla Cross yang menggunakan bahan bakar hidrogen murni (H2) untuk melengkapi solusi carbon neutral mobility Toyota.

Selain itu, jajaran diesel Toyota telah mendukung penggunaan BBM Biodiesel (B35) yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia, di mana semua model mesin pembakaran internal (ICE) terbaru telah dirancang supaya dapat memakai bahan bakar Bioetanol (E10) dengan mudah tanpa perubahan apa pun. Dengan semangat continuous improvement, Toyota memulai langkah signifikan yang memungkinkan lebih banyak pihak berkontribusi mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan mereduksi emisi karbon melalui mobilitas sehari-hari, sejalan komitmen untuk meningkatkan aplikasi teknologi ini di masa datang.

Memajang lebih dari 40 unit kendaraan dan total size booth lebih dari 5.000 m2 dari Toyota, Toyota Commercial, dan Lexus, Toyota berupaya memberikan pengalaman yang komprehensif bagi pengunjung GIIAS 2023. Toyota menampilkan berbagai teknologi canggih yang mampu mendukung mobilitas masyarakat hingga berbagai upaya Toyota dalam mengembangkan ekosistem elektrifikasi di Indonesia. Tersedia pula berbagai interactive games & simulator yang disediakan agar pengunjung dapat merasakan langsung berbagai teknologi terkini Toyota.

Toyota juga menyediakan customer lounge dan pressroom bagi para pengunjung dan kalangan media untuk menunjang kenyamanan pada saat mengunjungi booth Toyota. Disiapkan berbagai sesi khusus dengan kalangan media untuk membahas lebih detail mengenai produk, layanan, hingga strategi Toyota terkait carbon neutral mobility.

Dalam upaya memberikan solusi mobilitas bagi pelanggan dan sejalan upaya untuk mewujudkan Total Mobility Solution, PT TAM hadirkan program after sales T-CARE, di mana pembelian mobil baru model-model tertentu akan mendapatkan benefit berupa bebas biaya jasa dan biaya suku cadang saat servis berkala sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, ditambah extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km. One Stop Solution lain yang disediakan adalah layanan penunjang mobilitas seperti Toyota Spektakuler, TOSS, Tradein, EZ Deal dan KINTO.

“Komitmen Toyota lebih dari sekadar menciptakan dan menawarkan produk Mobility for All yang berkelanjutan. Melalui IT’S TIME FOR EVERYONE, kami percaya dapat mengambil pendekatan komprehensif yang tidak hanya mencakup kendaraan itu sendiri tetapi juga layanan dan infrastruktur pendukung yang diperlukan untuk mobilitas pelanggan. Tujuan kami adalah untuk menciptakan ripple effect yang melampaui produk Toyota sendiri, menginspirasi berbagai pihak untuk menerapkan pola hidup ramah lingkungan yang berkelanjutan, dan secara aktif berkontribusi untuk mengurangi emisi karbon dengan berbagai sarana mobilitas yang kami sediakan,” tutup Anton Jimmi Suwandy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini