EksposisiNews, Jakarta – Komunitas pemilik kendaraan Mitsubishi Pajero Sport terbesar di Indonesia, Pajero Indonesia ONE (PI-ONE) baru saja menyelesaikan rangkaian touring jelajah nusantara di wilayah Sumatera.

Bertajuk Tour de Ranah Minang 2020, 35 PIWANERS (sebutan anggota komunitas) mengaspal dari Jakarta secara beriringan. Tour dimulai pada 12 Desember 2020 dini hari dimulai dari Rest Area KM 68 Tol Jakarta – Merak.

Touring Lakukan Bakti Sosial, Pajero Indonesia One Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi 1

35 kendaraan PIWANERS yang berasal dari chapter Jawa Timur, Jabodetabek, Banten, Lampung, Bangka, Riau, Bengkulu dan Sumatera Barat, melintasi jalur Lintas Timur sumatera dan kembali lewat lintas Barat Sumatera menempuh jarak kurang lebih 3500 Km hingga kembali ke Bakauheni, Lampung.

Kegiatan ini tak lain untuk mempromosikan wisata dan sekaligus berbagi dengan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 melalui kegiatan bakti sosial.

Tour de Ranah Minang 2020 PI-ONE juga didukung oleh KodiklatAD dan PT. Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku ATPM Mitsubishi di Indonesia.

Touring Lakukan Bakti Sosial, Pajero Indonesia One Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi 2

Ketua Umum Pajero Indonesia ONE, RWahyu Haryadi mengatakan dalam rilisnya, bahwa sama seperti kegiatan lainnya, PI-ONE dalam kondisi pandemi saat ini selalu membagikan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 disela-sela kegiatan touringnya.

“Ini merupakan agenda touring nasional tahunan, tahun lalu ke Sulawesi Selatan, kali ini destinasinya Sumatera Barat. Kegiatan kami selain berwisata untuk mempromosikan destinasi wisata di wilayah Sumatera Barat juga melakukan kegiatan bakti sosial dengan membagikan paket sembako ke masyarakat yang terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten 50 kota,” ujar RWahyu Haryadi, Selasa (22/12/2020).

Adapun rute yang ditempuh PIWANERS dalam Tour de Ranah Minang 2020 melintasi Lampung, Palembang, hingga Jambi untuk bermalam.

Selesai dari Jambi, rombongan bertolak ke Bukit Tinggi untuk mengeksplorasi pesona Ranah Minang dimulai dari Kelok 9, Lembah Harau, Istana Basa Pagaruyung, Puncak Lawang, Kelok 44, Danau Maninjau dan Puncak Mandeh.

“Termasuk melintasi Kelok 9 kemudian Puncak Mandeh yang saat ini lagi ‘happening’ seperti Raja Ampat di Papua,” lanjut RWahyu.

Touring Lakukan Bakti Sosial, Pajero Indonesia One Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi 3

Jalur lintas barat dipilih untuk rute kepulangan selain untuk memberikan suasana berbeda juga dimaksudkan untuk silaturahmi dengan PIWANERS yang ada di wilayah Bengkulu yang saat ini dalam proses pembentukan chapter.

“Setelah kurang lebih 4 hari menjelajahi Sumatera Barat dan 6 hari di perjalanan yang melelahkan ditambah kondisi jalan yang tidak semuanya mulus karena berlobang ataupun bergelombang, namun karena performance handal kendaraan Mitsubishi Pajero Sport yang kami gunakan semuanya tetap asyik saja” ungkap John Parenden, salah seorang peserta yang berasal dari Jawa Timur.

Sebagai informasi bahwa saat ini PI-ONE sedang menginisiasi pembentukan chapter di Mukomuko, Kota Bengkulu dan Rejang Lebong.

Touring Lakukan Bakti Sosial, Pajero Indonesia One Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi 4

Touring rutin Pajero Indonesia ONE sekaligus bakti sosial

RWahyu menambahkan, perjalanan lintas daerah tersebut bukan sekadar touring berpindah tempat, melainkan membawa misi kemanusiaan dan upaya mempromosikan kembali dunia wisata yang terpuruk dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

“Di sela-sela touring seperti biasa kami melakukan bakti sosial, utamanya menunjukkan kepedulian kami terhadap masyarakat yang terdampak pandemi. Kemudian upaya membangkitkan kembali industri pariwisata Indonesia dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” katanya.

Rangkaian kegiatan PI-ONE selama di Sumatera Barat didukung penuh oleh KodiklatAD melalui Korem 032 Wirabraja. Bantuan pengawalan diberikan oleh jajaran Pomdam I Bukit Barisan dan Pomdam II Sriwijaya secara estafet.

“Terima kasih kepada DankodiklatAD, Danrem 032/WBR beserta jajaran, Danpomdam I Bukit Barisan dan Danpomdam II Sriwijaya, Manajemen MMKSI serta semua pihak yang telah memberikan bantuan dan arahan agar rangkaian kegiatan berjalan lancar dan tertib serta tujuan kegiatan tercapai, namun tetap memperhatikan dan mengikuti prokes COVID-19. Dan juga menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jalan lain yang terganggu dengan iring-iringan rangkaian selama kegiatan berlangsung.” tutup RWahyu.

Berikutnya setelah Tour de Ranah Minang, Pajero Indonesia ONE pada awal Maret 2021 akan melancong ke Pulau Bangka dalam rangka peresmian chapter Bangka dan di pertengahan 2021 akan melancong ke Pulau Flores untuk mengisi kegiatan liburan sekolah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here