EksposisiNews – Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Demokrat, Dr. Togar Situmorang menyebut, Gibran Rakabuming Raka merupakan sosok Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang tepat mewakili aspirasi kaum milenial (generasi muda) Indonesia, dengan prestasinya membangun Surakarta Gibran dianggap mampu bawa perubahan.

“Gibran sudah sangat tepat sebagai Cawapres mendampingi Probowo Subianto. Bisa dilihat rekam jejaknya sebagai Walikota Solo, banyak perubahan positif saat ini. Representasi Gibran mewaliki generasi muda yang kreatif, saya rasa kedepan mampu membawa perubahan positif bagi Indonesia,” kata Togar kepada wartawan, Rabu (20/12/23).

Selain itu, menurut Caleg DPR RI dari Demokrat Daerah Pimilihan (Dapil) III DKI Jakarta Nomor Urut 7 tersebut menambahkan, Gibran merupakan sosok milenial yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan zaman. Selain itu, ia juga meyakini pada Debat Cawapres 22 Desember 2023 mendatang, Gibran akan membawa kejutan yang berarti.

“Sudah terbukti. Mas Gibran itu bebas dari Korupsi, bersih. Gayanya kalem tapi bawa kemajuan untuk Solo. Itukan kejutan, saya optimis pada Debat nanti dia juga akan membawa kejutan,” tambahnya.

Untuk diketahui, Gibran sebagai Wali Kota Solo meninggalkan jejak prestasi sepanjang masa kepemimpinannya. Putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut telah berhasil merubah wajah Kota Solo melalui serangkaian proyek pembangunan yang monumental.

Berikut beberapa pembangunan da prestasi utama yang telah diwujudkan oleh Gibran Rakabuming Raka selama menjadi Wali Kota Solo:

1. Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto

Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto mengalami transformasi signifikan melalui program revitalisasi di masa kepemimpinan Gibran. Konsep penataan kawasan Ngarsopuro diperpanjang menjadi pusat industri kreatif dengan menghubungkan Night Market Ngarsopuro dan Jalan Gatot Subroto.

2. Revitalisasi Solo Technopark

Solo Technopark meurpakan gebrakan Gibran selanjutknya, membangun sebuah ruang publik kreatif dengan beberapa fasilitas baru seperti lapangan basket, lapangan futsal, serta ruang riset dan pengembangan teknologi.

3. Revitalisasi Pura Mangkunegaran dan Taman Pracima

Taman Pracima di kompleks Pura Mangkunegaran, setelah selesai direvitalisasi, menjadi destinasi wisata yang indah dengan kebun bunga, bangunan estetik, dan air mancur. Juga, revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (Solo Safari) yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Solo.

4. Pembangunan Selter Manahan

Selter Manahan, sebuah food court dengan konsep yang berdampingan dengan jogging track Stadion Manahan, telah selesai dibangun. Melibatkan PKL kuliner, proyek ini memanfaatkan area parkir dengan total 132 tempat.

5. Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Masjid Raya Sheikh Zayed, yang menjadi salah satu ikon Kota Solo, kini menjadi tujuan wisatawan setelah rampung dibangun pada November 2022. Masjid yang luasnya mencapai 3,6 hektar ini mampu menampung 10 ribu orang.

6. Solo Masuk dalam Kategori Kota Paling Toleran di Indonesia

Selain pembangunan, Gibran juga telah membawa nama Pemerintah Kota Surakarta (Pemkot) untuk mendapat penghargaan apresiasi dari lembaga SETARA Institute karena upayanya dalam membangun harmoni antarumat beragama, etnis, dan budaya. Surakarta berhasil menduduki peringkat ke-4 sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Dalam Laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 yang diselenggarakan oleh SETARA Institute, Surakarta memperoleh skor 5,883, menempatkannya di posisi keempat dari 10 kota paling toleran. Laporan ini menegaskan bahwa Surakarta termasuk di antara kota-kota yang menunjukkan tingkat toleransi yang tinggi.

7. Pertumbuhan Ekonomi di Solo 6,25 Persen

Di sektor ekonomi, Gibran memperjelas bahwa pada awal masa jabatannya sebagai walikota, pertumbuhan ekonomi Solo tercatat minus 1,74 persen. Namun, dengan kebijakan yang diterapkan selama kepemimpinannya, terjadi perubahan yang signifikan dimana ekonomi kota tersebut berhasil tumbuh hingga mencapai angka 6,25 persen.

8. Pemkot Solo Raih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC)

Tidak berhenti di situ, Pemerintah Kota Solo juga meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada 14 Maret 2023. Penghargaan ini menegaskan keberhasilan Pemerintah Kota dalam mencapai cakupan layanan kesehatan yang luas dan berkualitas untuk seluruh warga kota.

9. Indonesia Indicator Sebut Gibran Wali Kota Terpopuler

Meskipun baru menjabat selama dua tahun, keberadaan Gibran telah memberikan dampak yang signifikan bagi Kota Bengawan. Prestasinya bahkan menempatkannya sebagai Wali Kota yang paling populer pada tahun 2021, menurut Indonesia Indicator (I2). Perusahaan intelijen media ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak cakupan pemberitaan mengenai Gibran.

Gibran disebut sebanyak 28.779.574 kali dalam 6.470 media daring di Tanah Air. Popularitasnya yang tinggi seringkali dikaitkan dengan kedekatannya dengan ayahnya, Presiden Joko Widodo. Meski begitu, sorotan terhadap Gibran lebih banyak terfokus pada kebijakan yang diusungnya serta langkah-langkah proaktifnya dalam menangani dampak Covid-19.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini