Klaim Tunjangan Pengangguran

Laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat (01/09/2023) juga menunjukkan 736.000 orang memasuki pasar kerja bulan lalu, meningkatkan tingkat partisipasi ke level tertinggi dalam 3-1/2 tahun. Kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi mungkin memikat orang untuk kembali memasuki pasar tenaga kerja.

Pertumbuhan lapangan kerja AS meningkat pada bulan Agustus, namun tingkat pengangguran melonjak menjadi 3,8% dan kenaikan upah melambat, menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja melemah dan memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve tidak akan menaikkan suku bunga bulan ini. Paska laporan ini, bursa saham AS di Wall Street sebagian besar diperdagangkan lebih rendah setelah naik sebelumnya. Dolar menguat versus sekeranjang mata uang. Imbal hasil Treasury AS naik.

Perekonomian AS menciptakan setidaknya 110.000 lapangan kerja lebih sedikit dibandingkan yang dilaporkan sebelumnya pada bulan Juni dan Juli, yang menurut beberapa ekonom menunjukkan adanya penutupan bisnis yang tidak tercatat sebelumnya. Laporan tersebut mengikuti berita minggu ini bahwa lowongan pekerjaan turun ke level terendah dalam hampir 2-1/2 tahun pada bulan Juli.

Pasar tenaga kerja melambat sebagai respons terhadap kenaikan suku bunga bank sentral AS yang besar untuk mengurangi permintaan dalam perekonomian. Hal ini merupakan tantangan terakhir bagi kemungkinan kenaikan suku bunga lagi oleh The Fed pada bulan September.

Angka Nonfarm payrolls meningkat sebesar 187.000 pekerjaan pada bulan lalu setelah meningkat sebesar 157.000 pada bulan Juli. Pertumbuhan lapangan kerja rata-rata mencapai 150.000 per bulan selama tiga bulan terakhir, turun tajam dari 238.000 dalam tiga bulan hingga bulan Mei.

Sejumlah ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan gaji akan meningkat sebesar 170.000 pekerjaan pada bulan lalu. Namun, perolehan lapangan kerja masih jauh di atas kebutuhan sekitar 100.000 pekerjaan per bulan untuk mengimbangi peningkatan populasi usia kerja. Jumlah industri yang menambah lapangan kerja merupakan yang tertinggi dalam tujuh bulan terakhir, yang menunjukkan adanya kekuatan mendasar di pasar tenaga kerja.

Pemogokan yang dilakukan oleh aktor-aktor Hollywood mengakibatkan hilangnya 17.000 pekerjaan di industri film dan rekaman suara pada bulan lalu. Kebangkrutan perusahaan angkutan truk Yellow pada awal Agustus menyebabkan hilangnya 37.000 pekerjaan di industri transportasi truk. Tanpa hambatan satu kali ini, jumlah gaji akan meningkat sekitar 241.000 pada bulan Agustus.

Meskipun permintaan akan tenaga kerja menurun, beberapa bisnis jasa seperti layanan kesehatan, restoran, bar, dan hotel masih sangat membutuhkan pekerja. Peningkatan lapangan kerja pada bulan Agustus dipimpin oleh sektor kesehatan, yang menambah 71.000 pekerjaan, tersebar di layanan rawat jalan, rumah sakit, fasilitas perawatan dan perawatan residensial.

Tingkat Upah Meningkat

Tingkat upah di sektor rekreasi dan perhotelan meningkat sebesar 40.000. Pekerjaan di industri ini masih 290.000 pekerjaan di bawah tingkat sebelum pandemi. Industri konstruksi menambah 22.000 pekerjaan, sementara pembayaran gaji di sektor manufaktur meningkat sebanyak 16.000 pekerjaan.

Pekerjaan di sektor jasa profesional dan bisnis meningkat sebesar 19.000, namun layanan bantuan sementara, yang dipandang sebagai pertanda perekrutan di masa depan, terus menurun, kehilangan 19.000 posisi. Gaji pemerintah sedikit meningkat.

Sektor transportasi dan pergudangan kehilangan 34.000 pekerjaan, dan lapangan kerja di sektor ini juga tertekan karena hilangnya 9.000 pekerjaan sebagai kurir dan kurir.

Sementara itu, pertumbuhan upah melambat pada bulan lalu. Pendapatan rata-rata per jam naik 0,2%, kenaikan terkecil sejak Februari 2022, setelah naik 0,4% pada bulan Juli. Dalam 12 bulan hingga Agustus, upah naik 4,3% setelah meningkat 4,4% di bulan Juli.

Upah masih meningkat lebih cepat dari laju kenaikan 3,5% yang menurut para ekonom konsisten dengan target The Fed sebesar 2%. Ketika lebih sedikit orang yang berhenti dari pekerjaannya untuk mencari lahan yang lebih hijau, pertumbuhan upah mungkin akan terus mengalami tren yang lebih rendah. Namun beberapa ekonom khawatir bahwa kontrak serikat pekerja baru-baru ini, termasuk kontrak di United Parcel Service, dapat memberikan tekanan pada upah.

United Auto Workers bulan lalu mengatakan para anggotanya memberikan suara yang sangat besar untuk menyetujui pemogokan di General Motors, Ford Motor dan Stellantis, jika kesepakatan mengenai upah dan rencana pensiun tidak tercapai sebelumnya. kontrak empat tahun saat ini akan berakhir pada 14 September.

Sejak Maret 2022, The Fed telah menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 525 basis poin ke kisaran saat ini 5,25%-5,50%. Pasar keuangan sekarang bertaruh bahwa bank sentral sudah selesai menaikkan suku bunga dan mungkin mulai memotongnya tahun depan, menurut FedWatch Tool dari CME Group. Kontrak berjangka yang terkait dengan kebijakan suku bunga The Fed hanya menunjukkan sedikit peluang kenaikan suku bunga pada pertemuan 19-20 September.

Tidak ada tanda-tanda perusahaan mengurangi jam kerja pada bulan lalu. Rata-rata jam kerja dalam seminggu meningkat menjadi 34,4 jam dari 34,3 jam di bulan Juli. Hal ini berkontribusi pada peningkatan pendapatan upah agregat, yang seharusnya mendukung belanja konsumen dan perekonomian secara keseluruhan.

Prospek perekonomian juga mendapat dorongan dari data lain pada hari Jumat yang menunjukkan lonjakan belanja konstruksi pada bulan Juli dan laju kontraksi manufaktur yang lebih lambat pada bulan Agustus.

Meskipun lapangan kerja rumah tangga meningkat sebesar 222.000 pada bulan Agustus, jumlah tersebut tidak cukup untuk menyerap 736.000 orang yang memasuki angkatan kerja.

Hal ini mendorong tingkat pengangguran menjadi 3,8%, level tertinggi sejak Februari 2022, dari 3,5% pada bulan Juli. Tingkat pengangguran masih di bawah estimasi median terbaru The Fed sebesar 4,1% pada kuartal keempat tahun ini. Peningkatan angka pengangguran terkonsentrasi di kalangan dewasa muda.

Tingkat partisipasi angkatan kerja, atau proporsi penduduk usia kerja Amerika yang memiliki atau sedang mencari pekerjaan, meningkat menjadi 62,8%. Itu merupakan level tertinggi sejak Februari 2020 dan naik dari 62,6% di bulan Juli. Peningkatan ini sebagian besar terjadi di kalangan dewasa muda dan wanita berusia 55 tahun ke atas.

“Peningkatan jumlah perempuan berusia 55 tahun ke atas merupakan hal yang menjanjikan jika terus berlanjut, karena ini bisa menjadi sinyal berakhirnya tren pensiun dini,” kata Stephen Juneau, ekonom AS di Bank of America Securities di New York. “Peningkatan jumlah laki-laki berusia 16-19 tahun merupakan berita yang beragam karena para pekerja ini mungkin tidak bersekolah dan kini kecil kemungkinannya untuk melanjutkan pendidikan.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini