Susu grass-feed diperoleh dari Sapi yang mengkonsumsi rumput. (dok. Anlene)

Eksposisi News, Jakarta – Susu sapi merupakan salah satu pilihan minuman dengan sumber nutrisi baik yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Seiring perkembangannya, saat ini konsumen dihadapkan pada semakin banyak pilihan susu yang dikembangkan untuk menjawab kebutuhan yang beragam. Salah satunya adalah ‘susu grass-fed’ yang labelnya dapat ditemukan dalam kemasan susu di pasaran.

Susu grass-fed diperoleh dari sapi perah yang mengonsumsi pakan hampir 100% rumput, baik rumput hijau segar serta rumput yang dikeringkan dan disimpan, dan tanpa pemberian hormon tambahan. Jenis ini biasanya diperoleh dari sapi yang tinggal di padang rumput dengan kualitas tanah, air, dan udara yang cocok untuk pertumbuhan optimal rerumputan sepanjang tahun.

Pola pakan dengan mayoritas rumput hijau ini memungkinkan susu grass-fed memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat yang baik untuk kesehatan jantung, fungsi otak, dan sistem kekebalan tubuh. Susu grass-fed juga umumnya lebih sedikit mengandung omega-6, sehingga tercapai rasio omega-6 dan omega-3 yang lebih rendah. Rasio ini penting mengingat kadar omega-6 yang terlalu tinggi justru dapat memicu inflamasi dan penyakit jantung.

Selain kandungan nutrisi yang lebih seimbang, metode peternakan dilakukan dengan melepas-liarkan sapi-sapi di padang rumput. Di sana mereka bebas beraktivitas sebagaimana di kondisi lingkungan alami. Hal ini membuat sapi terpapar lebih sedikit stress yang dapat mempengaruhi kualitas, nutrisi, rasa, dan tekstur susu yang dihasilkan.

“Pada dasarnya, apa yang dikonsumsi sapi perah akan memengaruhi susu yang dihasilkan, baik dari kandungan nutrisi, rasa, hingga tekstur akhir pasca diolah. Secara biologis, tubuh sapi berkembang untuk mengolah rumput, sehingga sapi yang porsi konsumsi rumputnya lebih banyak cenderung memiliki kualitas susu sapi dengan profil nutrisi yang lebih seimbang dan lebih baik untuk dikonsumsi. Inilah mengapa susu grass-fed mengandung nutrisi seimbang yang baik bagi konsumsi orang dewasa. Ini juga baik dari sisi kesejahteraan hewan, karena mereka dibebaskan untuk merumput layaknya di habitat alaminya,” ungkap Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Manager Anlene Fonterra Brands Indonesia.

New Zealand sejak lama tercatat sebagai salah satu produsen susu sapi terbesar di dunia, dengan jumlah produksi susu sapi yang secara konsisten mencapai lebih dari 21 juta metrik ton (atau lebih dari 85,7 juta gelas susu!) per tahun. Ini dimungkinkan berkat kesuburan tanah dan kondisi alam yang mendukung pertumbuhan rumput bernutrisi tinggi di mana sapi dapat tumbuh dengan sehat secara alamiah, sehingga menjadikan New Zealand sebagai salah satu negara dengan standar kesejahteraan hewan terbaik di dunia.

Hal ini memungkinkan Fonterra menjadi koperasi dairy No. 1 di New Zealand untuk memproduksi susu grass-fed yang melimpah sepanjang tahun untuk kemudian menjawab beragam kebutuhan konsumen pada kesehatan tulang, otot, dan sendi melalui merek susu andalannya, Anlene. Ini termasuk konsumen di pasar Indonesia, negara yang secara perlahan mulai memasuki kelompok populasi penduduk senior dan tua.

Sebagai merek susu dewasa dari Fonterra dengan lebih dari 20 tahun berkontribusi untuk menjaga kesehatan tulang, sendi dan otot masyarakat Indonesia, Anlene berkomitmen untuk menjaga kesehatan konsumen dan alam secara bersamaan. Karenanya, seluruh varian susu Anlene terbuat dari susu bersertifikasi grass-fed dan pasture-raised (diternakkan di padang rumput) dari badan penilaian independen AsureQuality yang diproduksi oleh lebih dari 9.000 keluarga peternak anggota koperasi Fonterra di New Zealand. Sapi penghasil susu Anlene mengonsumsi setidaknya 96% rumput sepanjang tahun, sehingga menghasilkan susu dengan kandungan conjugated linoleic acid, beta karoten, dan vitamin D yang relatif lebih tinggi yang baik untuk tulang, sendi, dan otot.

Haryadi menambahkan, “Kualitas produk Anlene dan manfaat yang konsumen kami rasakan sangat erat terhubung dengan bahan baku susu sapi yang kami gunakan. Susu murni kaya nutrisi dari sapi sehat yang dipelihara di atas rumput hijau segar yang tumbuh dari tanah subur New Zealand adalah kunci dari susu Anlene yang tinggi kalsium, vitamin D, protein, serat, dan mineral baik lainnya. Tak hanya dari segi produk, kami secara konsisten mendorong pendekatan kesehatan yang holistik, mencakup kesehatan fisik dan mental, pada orang dewasa, khususnya manula di Indonesia selama lebih dari dua puluh tahun terakhir. Kami masih dan akan terus berinovasi untuk buktikan bahwa #UsiaBukanHalangan, baik melalui inovasi produk maupun kampanye edukatif lainnya.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini