Minggu depan, Bank Sentral Kanada atau Bank of Canada akan mengadakan pertemuan kebijakan moneternya. Diyakini bahwa mereka akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin sejalan dengan konsensus pasar. Pun demikian, Dolar Kanada (CAD) atau Loonie mungkin tidak menerima banyak bias arah dari pertemuan tersebut.

Pasar secara luas telah memperkirakan bahwa Dewan Komisaris BoC akan menaikkan suku bunga sebesar 25bp pada bulan Januari. Ini bisa menjadi kenaikan terakhir pada siklus ini , meskipun komponen berwawasan ke depan tidak akan menghalangi kenaikan di masa depan.

Loonie mungkin tidak menerima banyak bias arah dari pertemuan ini karena kurva dapat terus menjadi bias tentang melihat sisi lain dari siklus suku bunga ini. Meskipun demikian, CAD mungkin lebih sensitif terhadap elemen dovish jika Dewan Komisaris menekankan elemen dari BOS. Dimana terlihat dinamika yang berbeda terjadi pada perdagangan silang – crossing dari sejumlah mata uang beresiko.

Loonie terus merasa sulit untuk bertahan. Ekonom di Commerzbank melihat potensi pemulihan CAD yang terbatas dalam jangka menengah. CAD kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk saat ini terhadap EUR

“Mengingat ekonomi yang kuat dan Dewan Komisaris yang aktif, kami melihat potensi pemulihan CAD yang lebih terbatas terhadap USD dalam jangka menengah, didukung oleh melemahnya kekuatan USD. Perbedaan suku bunga untuk sementara dapat menyempit jika Fed menurunkan suku bunga utamanya dari akhir tahun 2023, seperti yang kami perkirakan, dan Dewan Komisaris tidak mengikutinya (pada tingkat yang sama).

“CAD kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk saat ini terhadap EUR, yang telah memperoleh daya tarik, misalnya, karena harga dari krisis energi dan sebagai akibat dari meningkatnya ekspektasi kenaikan suku bunga. Namun kenaikan suku bunga di kawasan euro harus semakin tercermin dalam indikator ekonomi yang lebih lemah di sana juga. Ini akan membatasi kerugian CAD terhadap EUR.”

“Dalam jangka menengah, Loonie akan pulih jika tren EUR melemah di tahun 2024, seperti yang kami perkirakan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here