Chris Rock sebagai produsen dan bintang utama di SPIRAL - Eksposisi News - Lukman - LIONSGATE

Eksposisi News – Spiral (dengan judul lengkap Spiral: From the Book of Saw) adalah film kesembilan dari rangkaian film horor  dalam seri film Saw, yang pertama dirilis pada tahun 2003. Awalnya Film Spiral dijadwalkan akan dirilis pada Mei 2020, namun ditunda karena pandemi COVID-19. Di Amerika Serikat kemudian dirilis pada 14 Mei 2021, oleh Lionsgate dan akhirnya menerima pujian untuk arah baru jenis film waralaba.

Film ini dibintangi oleh Chris Rock, Max Minghella, Marisol Nichols, dan Samuel L. Jackson, dan mengikuti upaya polisi untuk menghentikan pembunuh peniru Jigsaw. Film ini disutradarai oleh Darren Lynn Bousman (sutradara keempat dari seri ini) dan ditulis oleh Josh Stolberg dan Peter Goldfinger, sementara pencipta asli dari seri tersebut, James Wan dan Leigh Whannell, berperan sebagai produser eksekutif bersama Chris Rock.

Dikisahkan pada saat perayaan kemerdekaan Amerika Serikat pada 4 Juli, seorang polisi yang sedang tidak bertugas, Det. Marv Boswick, mengejar pencuri di pipa drainase selokan. Ia kemudian diserang dari belakang oleh sosok yang mengenakan topeng babi, Boswick terbangun dan menemukan dirinya ditangguhkan oleh lidahnya di terowongan kereta bawah tanah yang aktif dan diberi pilihan melalui pesan yang direkam: sobek lidahnya dan hidup, atau tetap sampai kereta berikutnya tiba, membunuh dia.  

Boswick yang malang, tidak dapat melarikan diri dari jebakan tepat waktu, akhirnya tertabrak kereta dan terbunuh. Penyelidikan kematian Boswick membawa polisi pada modus serupa yang mirip dengan Jigsaw Killer dimana korban terlihat acak, namun mereka semuanya dipilih karena suatu kesalahan yang pernah dibuatnya.

Film yang disutradarai oleh Darren Lynn Bousman memiliki premis lama yang dihadirkan dengan perspektif baru. Brutal dan sadis sudah bisa dirasakan sejak tiga menit pertama film dimulai. Dengan bumbu berbagai intrik yang rumit. Adegan pembunuhan brutal, – kini fokusnya pada salah satu bagian tubuh korban untuk menjadi souvenir yang dikirimkan ke kepolisian sebagai umpan pancingan investigasi. Dalam film ini, juga hadirkan beberapa jump scare yang berulang dengan topeng babi sebagai sensasi baru dari yang pernah dihadirkan dalam film Saw garapannya: Saw II (2005), Saw III (2006), dan Saw IV (2007).

Secara garis besar, Spiral berusaha menghidupkan kembali waralaba Saw yang dirilis 17 tahun yang lalu, film ini memang menarik bagi yang rindu permainan berdarah-darah ala Jigsaw. Berdurasi 93 menit, film Spiral akan menggugah rasa penasaran para pencinta detektif kriminal. Spiral sudah tayang di bioskop sejak 13 Mei 2021. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here