Sosro merilis botol kemasan khusus menyambut perayaan kemerdekaan RI. (Foto Sosro)

EksposisiNews, Jakarta – Menyambut gegap gempita bangsa Indonesia merayakan 78 tahun kemerdekaannya, Tehbotol Sosro meluncurkan 16 kemasan desain khusus yang merupakan karya para pemenang kompetisi desain Tehbotol Sosro. Dengan tema ‘Bangga Berbudaya Asli Indonesia,’ kemasan-kemasan desain khusus ini menyiratkan kebanggaan terhadap budaya Indonesia yang disampaikan dalam visual yang kreatif. Peluncuran minggu lalu, Jumat (11/8) diikuti pembukaan resmi Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia menampilkan lebih dari 1000 karya ilustrator peserta kompetisi desain Tehbotol Sosro.

Sejak tahun 2020 Tehbotol Sosro meluncurkan kemasan desain khusus di tengah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini adalah kesinambungan dan perwujudan gerakan #LocalsUnite yang digagas oleh Tehbotol Sosro. “Sebagai salah satu merek yang lahir di Indonesia, kami ingin ‘memberi kembali’ kepada masyarakat yang telah membesarkan merek Tehbotol Sosro.


Caranya dengan membantu para kreator muda Indonesia membangun karya mereka menjadi sebuah kreasi yang membanggakan. Melalui #LocalsUnite kami menginisiasi dan membuka possibilities of collaborations antara kreator dengan Tehbotol Sosro,” sambut Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro.

Di bawah gerakan #LocalsUnite, Tehbotol Sosro memfokuskan kolaborasi dengan para kreator Indonesia di tiga pilar yakni makanan/minuman, fesyen/gaya hidup, serta seni. Kompetisi Kemasan Desain Khusus Tehbotol Sosro ini masuk pada pilar ketiga gerakan #LocalsUnite yakni seni, bertujuan menemukan lebih banyak ilustrator Indonesia kreatif yang mampu menggambarkan kebanggaan akan kebudayaan Indonesia pada karyanya. Peserta kompetisi mendaftarkan karya mereka berdasarkan tiga kategori, yakni ‘Kuliner Asli Indonesia,’ ‘Kesenian Asli Indonesia,’ dan ‘Tradisi Asli Indonesia.’ Salah satu dewan juri dari kompetisi ini adalah ilustrator Yessiow yang menobatkan limabelas desain sebagai pemenang.

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari kompetisi desain yang digelar Tehbotol Sosro khusus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun ini. Kolaborasi dengan Tehbotol Sosro ini memberikan ruang baru bagi saya dan teman-teman ilustrator, untuk mengekspresikan kebanggaan kami atas budaya bangsa kita yang begitu kaya. Seni ilustrasi yang dapat dinikmati di kemasan desain khusus merek teh ikonik Indonesia adalah bentuk diplomasi yang powerful untuk memperkenalkan budaya asli Indonesia,” ujar Yessiow, ilustrator muda Indonesia yang karyanya sudah melanglang kanvas internasional.

“Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia adalah bentuk apresiasi Tehbotol Sosro kepada para ilustrator dan komunitas ilustrasi, visual art, street art, dan seni grafiti atas karya-karya mereka. Pameran ini kami kemas sebagai titik kumpul komunitas, ruang berbagi ilmu, dan berjejaring. Saya berharap pameran ini menginspirasi lebih banyak anak muda Indonesia untuk lebih semangat berkarya dan membangun karyanya menjadi kebanggaan Indonesia,” tambah Sabrina.

Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia digelar pada 11-20 Agustus 2023 di area Creative Hall M Bloc Jakarta. Selain pameran 15 karya pemenang dan satu karya Yessiow, Tehbotol Sosro juga akan menampilkan lebih dari 1000 karya peserta kompetisi desain 2023, dan beberapa karya dari tahun 2021 dan 2022. Selama pameran berlangsung, Tehbotol Sosro mengundang semua pemenang kompetisi untuk hadir ke Jakarta untuk berdiskusi tentang upaya-upaya memajukan industri seni ilustrasi. Tehbotol Sosro juga menggelar kelas-kelas lokakarya bersama Yessiow, WD Willy, dan Popo Mangun untuk berbagi pengetahuan dan teknik menggambar dengan para seniman muda dan pengunjung pameran. Pengunjung pameran bisa menikmati immersive theater yang disiapkan Tehbotol Sosro, Sore Seru bersama Diskopantera, Pandji Sakti dan Duo Mobi, dan photo booth keren. Jangan lupa bawa pulang souvenir tote bag dengan desain yang bisa dipilih. Pameran dan lokakarya digelar untuk umum tanpa dipungut biaya.

Tehbotol Sosro mengundang para kreator, inovator, dan pelaku usaha kreatif untuk mengajukan ide-ide kolaboratif dengan Tehbotol Sosro dan menciptakan produk yang setara atau lebih tinggi dengan standar global melalui gerakan #LocalsUnite. Proposal, ide, dan pertanyaan dapat diunggah ke www.localsunite.co.id. Ikuti keseruan #LocalsUnite dan kelas-kelas lokakarya di Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia dengan mengikuti akun Instagram kami: @tehbotolsosroid.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini