EksposisiNews – Fenomena munculnya berbagai coffee shop di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir tentu patut diapresiasi.

Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan jumlah kedai kopi dalam beberapa tahun terakhir serta konsumsi kopi dalam negeri.

Kini, muncul coffee shop ‘Smartfolks Coffee’ yang diharapkan dapat menambah gairah berkembangnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Smartfolks Coffee Sajikan Kopi dengan Harga Comfortable 1

“Hari ini kita melakukan acara grand opening Smartfolks Coffee di Neo Soho Mall, “ kata M. Fariz Surbakti, CEO Smartfolks Coffee, kepada wartawan di Neo Soho Mall, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Minggu (6/11/2022).

Lebih lanjut, Fariz menerangkan, bahwa ide membuat Smartfolks Coffee.

“Yakni untuk menyajikan Smartfolks Coffee terbaik dengan harga comfortable, “ terangnya.

Menurut Fariz, Smartfolks Coffee yang baru dibuku ini merupakan cabangnya dari Smartfolks Coffe di seluruh Indonesia.

”Alhamdulillah, sekarang sudah ada 12 outlet di seluruh Indonesia, “ tuturnya penuh rasa syukur.

Bagi yang akan membuka franchise Smartfolks Coffee, Fariz mempersilakan dan bisa langsung menghubunginya.

“Kita akan bantu progam dan penyajiannya karena franchise-nya sudah termasuk semua peralatan dan semua persiapan untuk bisa membuka usaha Smartfolks Coffee dalam waktu dua minggu, “ tegasnya.

Fariz menyampaikan Smartfolks Coffee membuat program untuk membantu mahasiswa-mahasiswi yang memiliki kesulitan dalam melanjutkan studynya.

“Kita dari Smartfolks Coffe akan menyumbangkan seribu rupiah untuk setiap pembelian Smartfolks Coffee, “ ungkapnya mantap.

Sedangkan, Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, Ketua Komite BKSD DPD RI, menyampaikan maksud kedatangannya ke acara grand opening Smartfolks Coffee.

“Sebagai senator DPD RI Dapil DKI, saya sangat mensupport setiap siapapun, apalagi Fariz yang punya Smartfolks Coffee ini dari awal ketika beliau pulang dari sekolah luar negeri ada di Indonesia beliau mengajukan lokal kopi Indonesia, “ katanya.

Sylviana menyebut Fariz sebagai anak muda yang punya misi bagus dengan program meningkatkan produk lokal Indonesia yang memang harus disupport.

“Generasi muda seperti Fariz ini yang kita butuhkan untuk memajukan usaha agar Indonesia berkembang ke depannya, “ bebernya.

Menurut Sylviana, tips agar sukses dalam usaha yang penting tidak berputus asa.

Harus berjuang terus.

Harus mencari solusinya,

“Saya insya Allah siap mendampingi Fariz apabila ada kesulitan, apalagi Indonesia sangat mendukung UMKM dan Smartfolks Coffee termasuk UMKM yang memang perlu kita dukung bersama, “ paparnya.

Adapun, Raslina Rasyidin, artis senior dan pegiat UMKM, menyampaikan kesan dan pesannya.

“Ini adalah salah satu program beyond entrepreneurship oleh anak-anak kita, Fariz terutama, yang mampu membranding kopi biasa menjadi kopi yang cerdas dan kopi yang pantas, kopi yang mampu diterima masyarakat Indonesia, bahkan bisa dinikmati manca negera, “ katanya.

Raslina berharap Fariz tak hanya menjadi pengusaha, tapi juga mampu menjadi contoh bagi teman-teman seusianya.

“Saya juga berharap Fariz mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat, “

Menurut Raslina, Indonesia menjadi penghasil kopi nomor 3 terbesar ketiga di dunia, setelah Brasil dan Vietnam.

“Kopi sudah menjadi kebutuhan primer, bukan orang Indonesia namanya kalau tidak suka kopi, dan ini membuka peluang bagi kita untuk usaha kopi seperti usaha Fariz membuat Smartfolks Coffee yang enak rasanya dan packagingnya bagus sekali,“ tegasnya.

Raslina menyampaikan harapan ke depan ada anak-anak Indonesia yang hebat seperti Fariz belajar jauh-jauh di luar negara dan kemudian mampu mengaplikasikan ilmunya dengan produk UMKM Smartfolks Coffee. “Maju UMKM Indonesia bersama Smartfolks Coffee, “ pungkas Raslina Rasyidin optimis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here