SGU luncurkan dua program studi baru pada Sabtu (09/12/2023) di Alam Sutera Tangerang. Foto oleh Herman Effendi,

Swiss German University (SGU) meluncurkan dua program studi baru yaitu Hybrid and Electric Vehicles (HEV) dan IT – Cyber Security pada Sabtu (9/12/2023) bertempat di Alam Sutera Tangerang. Dalam kegiatan ini juga diresmikan pula Pusat Pengawasan Keamanan (Security Operation Center). Pada tahap awal ini, kedua program studi akan diperuntukkan bagi jenjang Sarjana.

HEV adalah teknologi otomotif mutakhir yang menggabungkan manfaat dari mesin pembakaran internal dan sistem tenaga listrik. Kendaraan ini memiliki dua sumber daya, biasanya mesin bensin atau diesel dan motor listrik, bekerja bersama-sama untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi. HEV menggunakan sistem pengereman regeneratif canggih untuk menangkap dan menyimpan energi selama perlambatan, yang kemudian digunakan untuk membantu kendaraan selama akselerasi.

Teknologi inovatif ini tidak hanya meningkatkan penghematan bahan bakar dan mengurangi dampak lingkungan, tetapi juga memungkinkan pengoperasian yang lebih lancar dan senyap. HEV telah mendapatkan popularitas sebagai langkah transisi menuju kendaraan listrik sepenuhnya, menawarkan solusi praktis dan ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon di sektor transportasi.

Sementara masalah keamanan siber juga menjadi kebutuhan utama  dalam era digital  seperti saat ini. Program Sarjana IT – Cyber Security SGU akan berfokus pada pengembangan solusi keamanan siber yang inovatif untuk melindungi data dan sistem informasi dari serangan siber. Program Sarjana di Bidang Keamanan Siber di SGU adalah spesialisasi eksklusif yang terdapat dalam kurikulum Teknologi Informasi.

Program ini dirancang dengan cermat untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memahami, menganalisis, dan memperkuat diri terhadap ancaman dan serangan siber yang terus berkembang di dunia digital. Mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mendalami aspek-aspek penting seperti konsep Keamanan Siber, kebijakan keamanan siber, teknologi-teknologi terbaru pada keamanan siber, intelijen ancaman siber, pemrograman yang aman  serta keamanan jaringan dan manajemen keamanan siber.

Maulahikmah Galinium selaku Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi InformasiSGU mengatakan bahwa misi kami adalah untuk membimbing para mahasiswa untuk berpikiran maju sebagai SDM yang siapkk menghadapi tantangan percepatan perkembangan teknologi ke depannya. Dalam pengembangan SDM dengan kompetensi teknologi ini, SGU rencananya akan bekerjasama dengan ASTRAtech serta ekosistem Pendidikan lainnya.  

Selain itu langkah ini sekaligus menjawab apa yang sebelumnya disampaikan oleh Pemerintah Indonesia tentang membangun ekosistem kendaraan listrik dan hibrida, supaya nantinya memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40%, SGU akan bekerjasama dengan beberapa ekosistem yang sudah ada seperti Spora EV dan sebagainya. Selanjutnya di bidang keamanan siber, SGU sudah bekerja sama sejak tahun 2018 bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk membangun masa depan keamanan siber yang mumpuni.

Swiss German University (SGU) merupakan perguruan tinggi hasil kersa sama antara entitas Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas Internasional pertama di Indonesia. Terdapat 14 program studi Sarjana dan 6 Pascasarjana di SGU, juga terdapat program gelar ganda Internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen Dosen berkualitas dari dalam dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris..

Program Studi SGU terdiri dari: Mechatronics, Industrial Engineering, IT Technopreneurship, AI & Data Science, Business & Management, Hotel & Tourism Management, International Culinary Business, Business Accounting, Global Strategic Communications, Sustainable Energy & Environment, Pharmaceutical Chemical Engineering, Food Technology, Biomedical Engineering, Master of Business Administration, Master of Information Technology: Data Science Cyber Security, Master of Information Technology: Data Science Business Informatics, Master of Information Technology: Digital Innovations, Master of Mechanical Engineering: Mechatronics, Master of Mechanical Engineering: Engineering Management.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini