Eksposisi News, Sydney – Pemerintah Australia mengumumkan beberapa penguncian pada sejumlah kota di tengah penyebaran varian Covid Delta di benua Kanguru. Hal ini memberikan tekanan pada nilai mata uang Dolar Australia (Aussie) yang saat ini diperdagangkan pada 0.7509 terhadap Dolar AS. Pasangan AUD/USD siap untuk memperpanjang penurunannya dalam waktu dekat ini. Setelah perdagangan di Wall Street pada Selasa (29/06/2021) ditutup bervariasi di dekat level pembukaannya, setelah mencapai rekor tertinggi.

AUD/USD berbelok ke selatan dan mendekati angka 0,7500, didukung oleh permintaan greenback yang diperbarui dan berita buruk yang datang dari Australia. Negara ini telah mengumumkan beberapa penguncian yang melibatkan sekitar 80% populasi, di tengah melonjaknya kasus virus corona varian Delta. Sydney, Brisbane, Perth, dan Darwin termasuk di antara kota-kota yang mengumumkan pembatasan. Negara ini melaporkan lebih dari 100 kasus dalam beberapa hari terakhir, sebuah lompatan rekor, dengan hanya 4% dari populasi yang divaksinasi penuh.

Nada lembut pasar saham AS, yang mengakhiri hari di sekitar level pembukaannya, menambah tekanan pada Aussie. Australia belum merilis data ekonomi makro sejauh minggu ini dan hanya memiliki angka kecil yang dijadwalkan untuk Rabu karena akan menerbitkan Kredit Sektor Swasta Mei.

AUD/USD bersiap untuk memperpanjang penurunannya. Secara teknis, menunjukkan bahwa pasangan ini menekan posisi terendah hariannya sambil berkembang jauh di bawah rata-rata pergerakan harganya, mengindikasikan penurunan harga masih akan berlanjut (bearish). Indikator RSI berkonsolidasi di sekitar 28, sementara Momentum terus mengarah ke selatan dalam level negatif, sejalan dengan perpanjangan bearish di sesi mendatang.

Penurunan lebih lanjut akan terjadi dari kisaran harga saat ini di 0.7509 apabila AUD/USD menerobos level  0,7500 dengan target terdekat di 0,7460 hingga ke 0,7420. Sebaliknya rebound akan membuka peluang dengan terobosan harga di 0,7550 yang mentargetkan kenaikan bisa menjangkau 0,7595 hingga 0,7630. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here