Nasional

Sampah Botol Plastik Jadi Duit di Gedung Taman Ismail Marzuki

435
Mesin RVM yang berada di Gedung Taman Ismail Marzuki, Jakarta mengubah plastik menjadi saldo rupiah di Bank Syariah Indonesia. (Herman Effendi/Eksposisi News)

Eksposisi News, Jakarta Pusat – Plasticpay bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia dan didukung oleh Jakarta Propertindo  (Jakpro) meluncurkan Reverse Vending Machine (RVM) di Gedung Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Kamis (10/08/2023). Mesin RVM atau yang akrab disapa masyarakat berupa ATM Botol Plastik. Kerja sama ini merayakan momentum Hari Konservasi Alam Nasional.

Pemanfaatan mesin RVM di Gedung Taman Ismail Marzuki sebagai solusi Program Sirkular Ekonomi dalam memanfaatkan sampah botol plastik sebagai media pembayaran seperti pembukaan rekening tabungan bank syariah indonesia. Tidak hanya itu, Botol plastik yang terkumpul dan terpilah pada Mesin RVM nantinya akan didaurulang menjadi bahan baku ramah lingkungan berupa kain felt, fur dan dacron, jelas Imam Pesuwaryantoro selaku Corporate Communication, Plasticpay.

Pada saat peluncuran, setidaknya hamper 57 kg sampah plastik dimasukkan dalam mesin oleh 111 warga masyarakat. Jumlah Botol Plastik yang terkumpul, ketika di konversi adalah 247,687 C02 Jejak Karbon yang terkurangi. Hasil tersebut dikumpulkan dari 418 penukaran yang kemudian di konversi sebesar Rp 170.632 dalam bentuk Poin yang akan terkirim kepada pengguna. Dari sampah yang di tukar, sebanyak 3,590 Botol Plastik nantinya akan di daur ulang menjadi produk upcycle seperti sajadah, quran cover, totebag, pouch, hingga sepatu dan produk kreatif lainnya oleh UMKM Indonesia.

Imam berharap kolaborasi strategis ini bisa mengubah perilaku masyarakat khususnya pengunjung di Gedung Taman Ismail Marzuki untuk mendaur ulang sampah botol plastic. Dengan demikian, hal ini dapat mempercepat tercapainya Indonesia Net Zero Emission 2060 mendatang, pungkasnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here