Dolar Australia

Mengawali perdagangan minggu ini, Aussie sebagai mata uang berisiko, mampu mempertahankan kenaikan ringan pada perdagangan AUD/USD setelah mematahkan tren naik empat minggunya. Dorongan naik didapatkan dari sentiment risk appetite yang tetap positif di tengah pembicaraan soft landing, poros kebijakan di AS.

Sementara itu, liburan Tahun Baru Imlek selama seminggu di China, pemadaman sebelum Fed membatasi pergerakan segera. Indikator ekonomi terkini akan menunjukkan bahwa IHK Australia, PDB Q4 AS akan sangat penting untuk dorongan gerak baru.

Pasangan AUD/USD naik-turun di sekitar 0,6980-85 karena mempertahankan kenaikan awal pekan di tengah lesunya Senin pagi di Eropa. Dengan demikian, pasangan Aussie tetap dalam penawaran beli ringan di tengah liburan selama seminggu di China dan pembuat kebijakan Federal Reserve (Fed) AS tidak tampil di hadapan publik menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) awal Februari.

Perlu dicatat bahwa surutnya harapan resesi global, serta perbincangan yang berkembang seputar poros kebijakan Fed, tampaknya mendukung bias bullish seputar pasangan barometer risiko AUD/USD.

Akhir pekan lalu, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan bahwa “pandangan global tidak seburuk yang kami khawatirkan beberapa bulan lalu.” Sejalan dengan itu, JP Morgan Chase & Co. melihat tujuh indikator yang menunjukkan berkurangnya kekhawatiran perlambatan ekonomi. Selanjutnya, Asosiasi Ekonomi Bisnis Nasional AS (NABE) baru-baru ini merilis sebuah survei yang mengatakan, “Kemungkinan bahwa Amerika Serikat sudah berada dalam resesi atau akan mengalami resesi tahun ini telah turun selama tiga bulan terakhir menjadi 56% dari hampir dua bulan. -kemungkinan sepertiga,” per Reuters.

Di tempat lain, ketidakmampuan pembuat kebijakan Fed untuk meyakinkan bias hawkish mereka, terutama karena data AS yang suram, bergabung dengan optimisme seputar China untuk menjaga harapan pembeli AUD/USD.

Di tengah situasi ini, imbal hasil Treasury AS tetap tertekan selama beberapa hari, memudar pemantulan korektif beberapa hari terakhir, sementara saham berjangka AS mencetak penurunan ringan dan perdagangan ekuitas Asia-Pasifik beragam.

Mengingat kurangnya data/peristiwa utama selama sisa hari ini, pasangan AUD/USD dapat menyaksikan peningkatan lebih lanjut. Namun, Indeks Harga Konsumen (IHK) triwulanan Australia, yang akan dipublikasikan pada hari Rabu, akan mendahului Produk Domestik Bruto (PDB) empat triwulan (Q4) AS untuk menghibur para pedagang pasangan ini.

Secara teknis, bearish Doji di grafik mingguan, yang juga persis di bawah SMA 200, menggoda bear AUD/USD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here