Presiden ECB, Christine Lagarde tanda tangani uang EURO yang baru

Eksposisi News, Banyuwangi – Setelah apresiasi tajam menyusul pengumuman Federal Reserve AS, greenback terkoreksi lebih rendah pada minggu lalu. Pasangan EUR/USD pulih dari posisi terendah dua bulan di 1,1846, kini menetap di zona harga 1,1960, dimana potensi bearishnya gagal.

Pembuat pembuat kebijakan di sejumlah bank sentral masih optimis dengan rasa hati-hati. Mereka ini tetap menjadi sorotan dan menjadi sentimen utama pendorong pergerakan pasar.  Disisi lain, reli saham turut mendukung permintaan untuk mata uang berimbal hasil tinggi.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan bahwa prospek ekonomi kawasan euro cerah karena situasi pandemi membaik, menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi dapat pulih lebih cepat dari yang diharapkan. Dia juga mengatakan bahwa ECB akan mempertahankan kebijakan akomodasi dan pengetatan itu akan prematur.

Sementara Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell bersaksi di depan Dewan Perwakilan Rakyat tentang tanggapan The Fed terhadap pandemi. Powell berkomentar tentang perbaikan ekonomi yang berkelanjutan di tengah imunisasi cepat di negara itu tetapi sekali lagi mencatat bahwa tekanan inflasi akan bersifat temporal. Kedua pemimpin optimis tetapi berhati-hati, karena negara-negara maju semakin dekat untuk meninggalkan pandemi.

Di luar kepala bank sentral tersebut, beberapa pejabat tinggi Fed turut menyita perhatian pasar. Mereka menawarkan sudut pandang yang berbeda tentang kapan dan bagaimana inflasi akan menjadi cukup mengkhawatirkan untuk memicu pengetatan.

Bagaimanapun, pelaku pasar tetap optimis sepanjang minggu. Nasdaq dan S&P mencapai tertinggi sepanjang masa, sementara Dow Jones mampu membukukan kenaikan substansial, menjaga permintaan untuk greenback melemah di seluruh papan perdagangan mata uang.

Sentimen optimis mendapat dorongan pada hari Kamis setelah Presiden AS Joe Biden mengumumkan kesepakatan bipartisan pada belanja infrastruktur. Belum ada banyak detail yang keluar, meskipun pembicaraan pasar menunjukkan kesepakatan senilai $579 miliar.

Secara fundamental, sejumlah data menyajikan angka-angka yang dingin dan menunjukkan pertumbuhan di kedua pantai Atlantik. Markit merilis perkiraan awal PMI Juni untuk UE dan AS. Di Eropa, indeks manufaktur mengalahkan ekspektasi, sementara output jasa tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan. Di AS, bagaimanapun, produksi jasa berkontraksi menjadi 64,8 dari 70,4, meleset dari ekspektasi, meskipun indeks manufaktur meningkat menjadi 62,6.

Di AS, Pesanan Barang Tahan Lama tumbuh 2,3% di bulan Mei, sementara klaim pengangguran mingguan mencapai 411 ribu, keduanya meleset dari ekspektasi tetapi masih menunjukkan kemajuan ekonomi. PDB Q1 dikonfirmasi pada 6,4%. Pada hari Jumat, negara tersebut menerbitkan pembacaan inflasi favorit Fed, Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti melonjak menjadi 3,4% YoY seperti yang diharapkan pada bulan Mei, memberikan tekanan pada mata uang Amerika, di tengah penguatan ekuitas yang terus-menerus.

Yang akan datang akan membawa perkiraan awal inflasi Juni untuk Jerman dan Uni Eropa dan perkiraan akhir IMP Markit. Jerman juga akan merilis Penjualan Ritel Mei.

AS akan menerbitkan IMP Manufaktur ISM resmi pada hari Kamis, meskipun fokusnya adalah pada data terkait ketenagakerjaan AS. Selain itu, negara tersebut akan menerbitkan survei ADP tentang penciptaan lapangan kerja swasta pada hari Rabu, menjelang laporan Nonfarm Payrolls Juni. Saat ini, ekspektasi pasar menunjukkan peningkatan 600 ribu dalam angka utama, sementara tingkat pengangguran diperkirakan berkontraksi dari 5,8% menjadi 5,7%. Laporan ketenagakerjaan AS bulanan harus benar-benar mengejutkan untuk memicu reli terarah yang berkelanjutan.

Pasangan EUR/USD membukukan kenaikan mingguan sederhana, mengakhirinya beberapa pip di atas retracement 61,8% dari reli Maret/Mei di sekitar 1,1920. Retracement 50% dari reli yang sama terjadi di 1,1985, resistensi langsung, dan level yang harus dikalahkan untuk memberi harapan kepada bull.

Dari sudut pandang teknis, risiko tetap condong ke sisi bawah dalam jangka panjang. Grafik mingguan menunjukkan bahwa pasangan ini terus berkembang di bawah SMA 20, yang perlahan-lahan mendapatkan traksi bearish. Selain itu, rata-rata pergerakan yang lebih lama kehilangan kekuatan bullishnya tetapi tetap jauh di bawah level saat ini. Sementara itu, indikator teknis telah berubah sedikit lebih tinggi, tetapi Momentum tetap tertahan di level netral, sementara RSI saat ini berada di 47, menunjukkan minat beli yang terbatas.

Grafik harian menunjukkan bahwa beruang masih di kursi pengemudi. Pasangan ini berkembang di bawah semua MA, dengan SMA 20 berakselerasi ke selatan di atas SMA yang lebih panjang. MA terdekat adalah MA 200, saat ini di sekitar 1,1990. Indikator teknis telah mengoreksi pembacaan oversold ekstrim yang disaksikan pada minggu sebelumnya tetapi saat ini melanjutkan penurunannya dalam level negatif, sejalan dengan kenaikan dolar lebih lanjut.

Angka rendah di bulan Juni berada di 1,1848 sebagai level support langsung, diikuti oleh zona harga 1,1770. Jika pasangan jatuh di bawah yang terakhir ini, kemerosotan akan dengan cepat meluas menuju angka 1,1700. Di luar level Fibonacci 1,1985 yang disebutkan, pasangan ini dapat pulih hingga zona harga 1,2060/70.

Pasangan ini memiliki cakupan ke atas yang terbatas. Perspektif mingguan menunjukkan bahwa beruang tetap menjadi mayoritas, dengan pasangan terlihat rata-rata di sekitar 1,1900. Minat jual menurun dalam perspektif bulanan dan triwulanan, meskipun kenaikan masing-masing berada di 41% dan 50%. Dalam kedua kasus, pasangan terlihat rata-rata, beberapa pips di atas angka 1,2000.

Dalam bagan Ikhtisar, rata-rata pergerakan telah memangkas penurunannya dan berbalik lebih tinggi, tetapi yang lebih pendek tetap di bawah level saat ini, sedangkan yang lebih panjang memiliki potensi bullish yang terbatas. Dalam jangka waktu satu bulan, sebagian besar target terakumulasi di sekitar level 1,2000, sementara dalam tampilan triwulanan, zona harga 1,2200 adalah yang paling menarik minat pasar. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here