Pesana Soto Nusantara di Universitas Podomoro, Jakarta, berlangsung pada 22-24 Novermber 2023. Foto Lukman Hqeem/Eksposisi News

Podomoro University kembali dengan menggelar acara yang menawarkan pengalaman kuliner tak terlupakan, Pesona Nusantara yang kali ini mengambil tema soto. Ini merupakan gelaran ketujuh dari Pesta Nusantara dengan judul “Pesona Soto Nusantara Taste The Legacy, Share the Story”.

Kegiatan tahunan ini menjadi wadah untuk merayakan kelezatan dan keanekaragaman kuliner Indonesia. Soto menjadi tema tahun ini sebagai salah satu ikon hidangan tradisional di tanah air.  Sebelumnya, serial Pesona Nusantara telah menghadirkan Pesona Manis Nusantara 2016, Pesona Pedas Nusantara 2017, Pesona Rendang Nusantara 2018, Pesona Minuman Fermentasi Nusantara 2019, Pesona Bedulang Belitong Nusantara 2020, dan Pesona Kopi Nusantara 2022.

Salah satu kegiatan utama dalam acara ini adalah praktik masak yang melibatkan berbagai juru masak profesional seperti Santhi Serad, Rendy Khong, Ivan Leonard Mangundap, dan masih banyak lagi. Mereka ini tidak hanya membagikan rahasia-rahasia dalam memasak soto yang lezat, tetapi juga berbagi cerita tentang keunikan dan kekayaan kuliner Nusantara. Peserta acara memiliki kesempatan langka untuk belajar langsung dari para maestro kuliner yang telah mengangkat citarasa Indonesia ke kancah internasional.

Di gagas pertama kali oleh para pengampu program studi Perhotelan dan Bisnis, Santi Palupi dan Anwar Basalamah, Pesona Nusantara setiap tahun dijadikan sebagai model pembelajaran bagi mahasiswa semester 5 dalam mata kuliah MICE Management. Melalui acara ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung dalam mengelola acara berskala besar serta terlibat secara aktif dengan berbagai pihak terkait. Memang acara ini dirancang sekaligus untuk memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa mengenai aspek-aspek penting dalam manajemen acara, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, sehingga mereka siap menghadapi tantangan dunia industri acara yang sesungguhnya setelah lulus.

Dr Santi Palupi, dosen pengampu mata kuliah MICE Management dalam sambutannya mengatakan  “Pada saat lulus dari perkuliahan, seluruh pekerjaan pasti memiliki hubungan dengan MICE, sehingga diadakannya event ini untuk mempersiapkan para mahasiswa sebelum terjun ke dunia industri maupun sebagai seorang entrepreneur. Harapan kami, bahwa Pesona Nusantara kali ini bisa di bukukan di akhir sehingga bisa menjadi cerita, dan rencananya juga akan kami HAKI kan. Mahasiswa Podomoro University semakin mengenal budaya Indonesia, sehingga bukan hanya mempunyai lulusan yang berkualitas internasional tapi juga berbudaya Indonesia dan berjiwa kewirausahaan. Sehingga walaupun bekerja di luar negeri, mereka tetap bisa membawa budaya Indonesia disana.”

Santhi Serad, salah satu juru masak yang meramaikan kegiatan ini mengatakan “Soto Nusantara, semangkuk kehangatan khas Indonesia, yang dapat dinikmati dari mulai pedagang kaki lima sampai hotel bintang lima, dari sarapan sampai makan malam. Jadi bagi saya, soto ini sangat Indonesia sekali, dan soto ini bisa dibilang merupakan comfort food orang Indonesia. Melalui Pesona Soto Nusantara” merupakan suatu kesempatan untuk menghidupkan kembali rasa cinta kita pada kuliner Indonesia. Melalui soto, kita dapat merasakan dan merayakan keberagaman, serta menghargai warisan nenek moyang kita. Terima kasih, dan mari kita nikmati pesona soto Nusantara bersama-sama “.

Harry Nazaruddin dari Komunitas Jalan Sutra menambahkan “Harapan saya sih bahwa bisa mengemas soto khas nusantara ini menjadi suatu hidangan yang otentik dan kekinian. Sehingga temna-teman mahasiswa juga bisa mulai memikirkan bagaimana merancang bisnis soto kekinian yang sampai saat ini belum ada. Saya berharap hidangan soto ini juga mampu menjadi popular hingga ke mancanegara, tidak kalah dengan toppoki, corn dog dan kuliner lain yang begitu datang sudah kekinian.”

Acara ini juga memberikan dampak positif ekonomi bagi para pelaku usaha kuliner, khususnya tenant soto. Mereka memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan pasar dan menunjukkan kualitas kuliner mereka kepada khalayak yang lebih luas. Pesona Soto Nusantara di Podomoro University menjadi bukti nyata bahwa kuliner Indonesia memiliki daya tarik yang luar biasa. Melalui perpaduan antara cita rasa yang autentik, keahlian para chef ternama, dan hiburan tradisional, acara ini tidak hanya menyajikan makanan lezat tetapi juga mengajak masyarakat untuk mendalami dan mencintai keberagaman kuliner Indonesia.

Pada  tahun  ini, Hotel Business Program memutuskan untuk mengangkat tema “Pesona Soto Nusantara”,  karena  mengingat  fakta  bahwa  Indonesia  merupakan  negara  penghasil beragam rempah-rempah yang berkualitas tinggi sehingga memiliki banyak makanan khas yang dikenal hingga mancanegara, salah satunya yaitu soto. Soto di Indonesia juga memiliki beberapa jenis soto yang khas dari setiap daerah asalnya masing-masing. Maka dari itu, melalui acara ini kami berharap dapat memperkenalkan sekaligus mengedukasi setiap pengunjung yang hadir mengenai cita rasa dari berbagai jenis soto di Indonesia sebagai salah satu warisan budaya yang dapat memberikan dampak besar bagi masa depan dunia kuliner di negara ini.

Acara  Pesona  Soto  Nusantara  ini  terbuka  untuk umum, yang akan diadakan pada Rabu, 22 November 2023 hingga Jumat, 24 November 2023 di Universitas Agung Podomoro, APL Tower, Lantai 5, Jakarta Barat. Dalam acara Pesona Soto Nusantara kali ini, Universitas Agung Podomoro juga menggandeng sejumlah UMKM kuliner “soto” untuk dapat membuka tenan di dalam kampus Podomoro University sendiri. Jumlah tenan yang buka di acara Pesona Soto Nusantara ini sebanyak 20 tenan, bukan hanya menjual soto tapi juga berbagai kuliner khas nusantara lainnya. Hal ini diharapkan selain untuk lebih memperkenalkan keanekaragaman kuliner soto nusantara kepada pengunjung juga untuk membantu UMKM di Indonesia terutama di usaha kuliner soto.

Untuk cooking demo yang tentunya sangat menarik untuk para pengunjung, antara lain seperti, Cooking demo dengan Chef Kong membuat Sroto Klamud, Cooking demo dengan Chef Kenrick Gunawan, Cooking Demo soto lombok dengan Dr. Dea Wibowo. Untuk mengisi acara terdapat juga berbagai pertunjukan seni tradisional Indonesia yang sangat menarik dan menghibur untuk para tamu. Mulai dari, permainan angklung, tarian tradisional, penampilan teater dan lain-lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini