A general view of the Reserve Bank of Australia headquarters in Sydney, Tuesday, November 3, 2020. The Reserve Bank is widely expected to cut its key interest rates when its board meets on Tuesday, just hours before the US goes to the polls. (AAP Image/Dan Himbrechts) NO ARCHIVING

Eksposisi News, Banyuwangi – Dolar Australia mempertahankan perdagangan yang sempit pada hari Senin (05/07/2021) dalam perdagangan awal pekan ini yang tenang. Dimana sebagian besar investor AS menikmati perayaan liburan 4 Juli, aksi harga diredam karena likuiditas dan volume yang tipis.

AUD/USD memantul antara 0,7510 dan 0,7540 untuk sebagian besar hari tidak dapat memperpanjang momentum kenaikan dan menutup kerugian yang diderita pertengahan Juni. Meskipun selera risiko membaik dan harga komoditas meningkat, Investor tampaknya enggan memperpanjang kenaikan selera risiko. Ketidakpastian seputar varian Delta dan pemulihan ekonomi global telah mengatasi narasi reflasi jangka panjang dan terus membebani AUD dalam waktu dekat.

Perhatian pasar hari ini beralih ke pembaruan kebijakan RBA. Pertemuan hari ini telah disebut sebagai titik kritis, di mana pembuat kebijakan akan mengumumkan amandemen terhadap sikap saat ini tentang QE dan kebijakan moneter. Konsensus pasar menyarankan dewan akan mulai mengurangi pembelian obligasi sambil mempertahankan target kurva imbal hasil April 2024. Pengumuman kejutan dapat memicu aksi harga dan respons pasar yang menarik. Narasi dovish dapat menenggelamkan AUD dan melihat mata uang menguji terendah di bawah 0,7450.

Perayaan empat Juli berarti likuiditas di seluruh mata uang utama tetap tipis melalui perdagangan pada hari Senin, mendorong sedikit aksi harga dan kisaran yang sempit. Euro, GBP, CAD, dan JPY semuanya mengikuti ke samping dengan enggan untuk memperpanjang pergerakan di luar plus/minus 0,2%.

Euro menguji penembusan kembali menuju 1,19, menyentuh tertinggi harian harian di 1,1880 setelah data IMP Jasa melampaui ekspektasi. Namun, penurunan kepercayaan investor membuat unit gabungan tergelincir kembali ke 1,1850 sebelum naik sedikit lebih tinggi ke pembukaan pagi ini.

Perhatian pasar juga tertuju pada pengumuman data PMI Sektor Jasa ISM AS. Setelah menyentuh mendekati rekor tertinggi di bulan Mei, ada ekspektasi bahwa indeks akan terkoreksi lebih rendah di bulan Juni, namun karena pemulihan ekonomi AS mengumpulkan kecepatan, kejutan untuk sisi atas tidak mungkin.

Indikator-indikator dasar ini sangat penting diperhatikan, terutama memberikan kumpulan input data harga. Dengan meningkatnya tekanan inflasi, kenaikan berkelanjutan melalui biaya yang didorong oleh kendala pasokan kemungkinan akan berarti tekanan harga sementara akan tetap berperan dalam waktu dekat.

Pasangan AUD/USD diperkirakan akan bergerak dalan  rentang  0,7450 – 0,7630. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here