Inflasi

Penurunan jumlah pekerja di kalangan pengusaha Inggris sedikit berkurang pada bulan Oktober, namun pertumbuhan gaji melambat dan meningkatnya jumlah PHK menyebabkan peningkatan jumlah pencari kerja, sebuah survei industri menunjukkan pada hari Rabu (08/11/2023).

Konfederasi Perekrutan dan Ketenagakerjaan (REC), sebuah badan perdagangan untuk perekrut, mengatakan jumlah penempatan kerja permanen turun pada bulan lalu, namun dengan jumlah terkecil sejak Juni, sementara belanja perusahaan untuk staf sementara tetap stabil.

“Dalam banyak hal, pasar tenaga kerja sedang menunggu waktu untuk menghentikan pertumbuhan yang dilakukan oleh Bank of England. Meskipun jumlah pekerja tetap kini menurun secara perlahan, namun jumlah pekerja sementara terus mengalami penurunan,” Chief Executive REC Neil Carberry dikatakan.

Pekan lalu BoE mempertahankan suku bunganya tidak berubah pada level tertinggi dalam 15 tahun sebesar 5,25% dan mengatakan terlalu dini untuk memikirkan pemotongan suku bunga. Inflasi masih jauh di atas target sebesar 6,7% dan diperkirakan baru akan kembali ke 2% pada akhir tahun 2025.

Para pembuat kebijakan merasa resah dengan ukuran resmi pertumbuhan upah yang menunjukkan kenaikan gaji sektor swasta pada tingkat tahunan sebesar 8,0% dalam tiga bulan hingga akhir Agustus – lebih dari dua kali lipat dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.

Pertumbuhan upah yang pesat terjadi meskipun adanya peningkatan pengangguran dan lesunya perekonomian yang diperkirakan BoE akan mencatat pertumbuhan nol pada tahun 2024, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan ketidaksesuaian antara keterampilan pencari kerja dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pemberi kerja.

Survei REC hampir sepanjang tahun ini lebih lemah dibandingkan survei ketenagakerjaan resmi –  sebagian ditangguhkan bulan lalu karena tingkat respons yang rendah. Data REC pada bulan Oktober menunjukkan bahwa pertumbuhan gaji awal untuk peran tetap adalah yang paling lambat sejak Maret 2021, dan berada di bawah angka yang terlihat menjelang pandemi.

Tingkat gaji untuk staf sementara naik pada laju paling lambat kedua sejak Februari 2021. Ketersediaan staf secara keseluruhan meningkat pada tingkat tercepat ketiga sejak awal tahun 2021.

“Sering ada laporan bahwa PHK dan aktivitas perekrutan yang lemah berkontribusi terhadap peningkatan ketersediaan staf,” kata laporan itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini