EksposisiNews – Berpegang pada mandat dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ASITA Artha Hanif, akhirnya Sekretaris DPP ASITA Arlan Dikusnata yang membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ASITA Sumatera Barat pada Kamis (16/09/2021). ASITA yang dimaksud adalah organisasi bidang pariwisata yang berdiri berdasarkan akta nomor 152 tahun 2021.


Dalam kepengurusan DPD ASITA Sumatera Barat ini diperkuat setidaknya dengan 16 anggota pengurus lain yang membawahi sejumlah organ dalam organisasi yang bermarkas di Ulak Karang, Padang. Syaikul Ikhwan ditunjuk menjadi sekretaris DPD ASITA Sumatera Barat.


Pembentukan DPD ASITA Sumbar ini juga sebagai jawaban atas polemik ASITA yang terjadi di tingkat nasional. Organisasi yang memayungi pelaku industri perjalanan dan biro wisata ini menghadapi pertentangan dan berujung dengan adanya dualisme penggunaan nama organisasi ASITA. Pertama adalah organisasi bidang pariwisata sementara yang kedua berhaluan sosial.


Buntutnya adalah anggota organisasi di daerah yang sebelumnya adem ayem, juga terimbas untuk menentukan sikap dan pilihannya. DPP ASITA Artha Hanif, sebelumnya memberikan amaran agar para anggota didaerah segera memutuskan pilihannya hingga 17 Juli 2021. Hingga tenggat waktu yang diberikan, tak kunjung ada keputusan. Para praktisi indistri pariwisata di Sumatera Barat meminta tambahan waktu untuk melakukan konsolidasi.


Setelah melalui sejumlah pertemuan dan pembicaraan, akhirnya pada tanggal 10 Agustus 2021, tercapailah kesepakatan diantara para anggota ASITA Sumatera Barat untuk berbaiat kepada DPP ASITA pimpinan Artha hanif. Pembicaraan tersebut juga memutuskan bahwa Arlan Dikusnata dan Syaikul Ikhwan sebagai Ketua dan Sekretaris DPD ASITA Sumatera Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here