Pasar Tenaga Kerja

EksposisinewsPasar tenaga kerja di Amerika Serikat mengalami peningkatan pada bulan Januari, disertai dengan kenaikan upah yang mencapai tingkat tertinggi dalam hampir dua tahun terakhir. Hal ini mencerminkan kekuatan yang terus berlanjut di sektor tenaga kerja AS.

Peningkatan pasar tenaga kerja yang positif mungkin akan membuat Federal Reserve menghadapi kesulitan dalam memulai penurunan suku bunga pada bulan Mei, sesuai dengan perkiraan pasar keuangan saat ini.

Nonfarm Payrolls AS meningkat sebanyak 353.000 pekerjaan pada bulan lalu. Laporan ketenagakerjaan dari Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis pada hari Jumat ini juga menunjukkan bahwa tingkat pengangguran tetap berada pada angka 3,7% pada bulan Januari.

Ekonomi AS menciptakan 126.000 lapanga kerja tambahan pada bulan November dan Desember, melampaui perkiraan sebelumnya. Keadaan pasar tenaga kerja yang kokoh, bersama dengan data ekonomi yang stabil, membuat pasar keuangan menurunkan ekspektasi mereka terhadap kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Mei.

Sementara itu, Pendapatan Rata-Rata Per Jam dalam sebulan meningkat dari 0,4% menjadi 0,6%, yang dapat menandakan kemungkinan kenaikan inflasi dalam beberapa bulan mendatang. Pendapatan Rata-rata Tahunan juga naik dari 4,1% menjadi 4,5%.

Permintaan yang kuat dan produktivitas pekerja yang tinggi kemungkinan akan mendorong perusahaan untuk merekrut dan mempertahankan lebih banyak karyawan, suatu tren yang dapat melindungi ekonomi dari potensi resesi tahun ini.

Data NFP AS yang kuat mencerminkan kestabilan ekonomi AS, meskipun inflasi masih berada di atas target 2% dari bank sentral. Kemungkinan besar, Fed tidak akan segera menurunkan suku bunga untuk mencapai target inflasi.

Fed kemungkinan akan mempertahankan suku bunga tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Suku bunga yang tinggi dapat mendorong kenaikan yield obligasi dan nilai dolar AS, yang pada gilirannya dapat memengaruhi harga emas (Gold/XAUUSD).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini