Mengakhiri perdagangan di akhir pekan, Jumat (20/01/2023), harga minyak mentah cukup stabil di bursa komoditi. Minyak mentah berjangka WTI stabil di sekitar $80 per barel dan Brent stabil di sekitar $86 per barel. Kedua jenis minyak ini di jalur untuk kenaikan mingguan kedua berturut-turut, didukung oleh prospek permintaan yang membaik dan kekhawatiran pasokan yang terus-menerus.

Badan Energi Internasional mengatakan konsumsi minyak global akan mencapai rekor rata-rata harian tahun ini karena importir minyak mentah China membuka ekonominya. Pada saat yang sama, IEA juga memperingatkan bahwa sanksi batas harga terhadap Rusia dapat mengurangi pasokan lebih lanjut.

Sementara OPEC masih menggemakan pandangan serupa dalam laporan bulanannya yang dirilis awal pekan ini, mengatakan bahwa permintaan minyak mentah akan naik 2,22 juta barel per hari (bpd), atau 2,2%, terangkat oleh konsumsi China yang lebih tinggi dan pemulihan aktivitas ekonomi di antara ekonomi maju.

Di sisi penawaran, OPEC+ memutuskan pada bulan Desember untuk tetap pada kebijakan mereka membatasi produksi minyak, membatasi pasokan global sebesar 2 juta barel per hari, sebuah langkah yang akan berlangsung hingga akhir tahun 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here