Teknologi kecerdasan artifisial (AI) saat ini adalah keniscayaan. Peradaban manusia sudah terinternetisasi sedemikian rupa, sehingga memerlukan infrastruktur yang dapat menopang aktifitas yang demikian. Salah satunya adalah kartu grafis lansiran dari NVIDIA, GeForce RTX 40 yang ditanamkan pada sejumlah laptop. Perangkat yang sudah di lengkapi dengan perangkat ini akan memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Tak heran apabila sejumlah pegiat komunitas teknologi, profesional kreatif, hingga pelajar dan mahasiswa menyukainya.

Bertempat di Jakarta, pada hari Jumat (29/09/2023), diperkenalkan sejumlah laptop-laptop yang telah di lengkapi dengan GeForce RTX 40. Diantaranya adalah dari kaluerga ACER yakni Predator 18, Predator Helios 300 Spatiallabs dan Predator Helios NEO 16. Dari ASUS adalah ROG Strix Scar 16, ROG Zephyrus Duo 16 dan ROG Flow X13. Sementara dari keluarga HP diantaranya adalah OMEN Transcend 16 dan Victus 16.

Menurut Adrian Lesmono, Consumer Business Lead, NVIDIA ID “Ada sejumlah alasan mengapa sejumlah laptop yang telah dilengkapi dengan GeForce RTX 40 bisa lebih unggul, bukan hanya desain mereka yang modern saja namun juga kinerja yang handal. Tak heran bila seri-seri ini banyak diminati oleh para profesional hingga mahasiswa”.

NVIDIA Topang Dan Optimalisasi AI Bagi Kebutuhan STEM 1

Dijelaskan olehnya bahwa laptop-laptop ini masuk dalam keluarga NVIDIA Max-Q Technologies, yang biasanya memang memiliki desain yang slim dan ringan, kapasitas baterai yang panjang dan dengan operasi sistem yang hening, tidak bising. Segala keunggulan ini mampu menjawab ekspektasi pasar terhadap sebuah laptop berperforma tinggi yang menunjang mobilitas dan kenyamanan sekaligus.  

Pada sebuah uji yang telah dilakukan, seri laptop dengan NVIDIA GeForce RTX 40 memiliki performa tinggi yang tak dapat diperdebatkan lagi. Tidak tanggung-tanggung, bahkan performanya mampu meningkat 13 kali lebih cepat dibandingkan dengan laptop lain dalam menunjang aplikasi pada sebuah proyek kreatif. Bahkan buat gaming, performanya bisa lebih 14 kali lipat dibandingkan dengan laptop lain.

Menurut Alva Jonathan, seorang professional Overclocker, bahwa semua ini memang tidak lepas dari disematkannya GeForce RTX 40 yang menopang AI sehingga mampu mengakselerasi dalam pendayagunaan aplikasi STEM (Sains, Technology, Enginering and Math) hingga 1,7 kali, gaming 3,1 kali dan pekerjaan-pekerjaan kreatif lain hingga 3,4 kali dibandingkan dengan laptop tanpa AI. Pada pekerjaan STEM, di klaim mampu meningkatkan kinerja hingga 22 kali lipat dibandingkan laptop lain.  

NVIDIA Topang Dan Optimalisasi AI Bagi Kebutuhan STEM 2

Keberadaan teknologi tinggi ini tentu disambut gembira ditengah meningkatnya arti penting dari literasi AI untuk para pelajar atau mahasiswa sebagai bekal dalam meningkatkan daya saing mereka di masa depan. Menurut Gregorius Natanael Elwirehardja, NV DLI Ambassador sekaligus pengajar di Bina Nusantara University (BINUS), bahwa seri laptop dengan GeForce RTX 40 ini makin diminati dan perlu bagi kalangan pelajar, akademisi dan professional karena sejumlah hal.

Simulasi Kian Cepat: Di lingkup sains dan keteknikan, simulasi memainkan peran yang sangat vital dalam memahami sebuah fenomena kompleks. Seri laptop GeForce RTX 40 memungkinkan para periset dan pelajar melakukan simulasi kompleks dengan cepat dan akurat, sehingga mampu mempercepat proses penciptaan penemuan-penemuan baru.

Pemrosesan Data Berkecepatan Tinggi: Mengelola data dalam jumlah masif menjadi lebih mudah berkat dukungan AI. Seri laptop ini dapat dengan cepat melakukan analisa dan pemrosesan data, memungkinkan penelitan yang lebih dalam dan mendapatkan hasil yang akurat.

Mendukung Pembelajaran Berbasis AI: Penyematan teknologi AI pada seri laptop GeForce RTX 40 mendukung proses pembelajaran berbasis AI pada bidang STEM. Keunggulan ini dapat membantu pelajar memahami suatu konsep yang rumit sekaligus meningkatkan literasi AI mereka yang sangat berguna di era data-driven saat ini.

Rendering dan Visualisasi Kian Realistis: Di lingkup industri keteknikan, rancang bangun dan desain, kemampuan laptop untuk perenderan model 3D dan menciptakan visual yang realistis menjadi sangat penting. Kemampuan GPU yang dibenamkan pada seri laptop GeForce RTX 40 memfasilitasi proses renderisasi dengan cepat, sehingga mampu mendukung pekerja kreatif dan pelajar menghasilkan visual yang menakjubkan.

Efisiensi dan Portabilitas yang Kian Meningkat: Seri laptop ini menghadirkan desain yang ramping nan digdaya, serta baterai dengan daya tahan yang lebih Panjang. Operasi laptop yang hening menunjang kenyamanan yang lebih bagi pengguna.

NVIDIA Topang Dan Optimalisasi AI Bagi Kebutuhan STEM 3

Sementara menurut Bani Adil, Stable DIffusion Artist bahwa seri Laptop GeForce RTX 40 dapat membantu kreator konten untuk mengerjakan berbagai proyek kreatif melalui pemanfaatan AI dalam menghasilkan efek-efek canggih dengan mudah, dari mengolah model 3D hingga video editor dalam waktu yang cepat. Proses pengeditan video berkualitas 8K dan perenderan 3D model tidak lagi memakan waktu dan tenaga berkat teknologi AI yang disematkan pada seri Laptop GeForce RTX 40. Inovasi ini membuka tabir proses kreasi konten yang baru dengan memaksimalkan kreativitas dalam diri setiap orang.

Bahkan para pengguna dapat menikmati akses eksklusif untuk serangkaian peranti Studio, seperti aplikasi NVIDIA Broadcast untuk mendukung proses kreasi, kolaborasi, maupun pembelajaran jarak jauh canggih. Untuk mendukung kebutuhan kreatif, NVIDIA Studio Drivers siap mendukung dalam menghadirkan performa maksimum yang stabil dan sangat cepat.

Untuk yang suka gaming, menurut Bani dengan seri laptop GeForce RTX 40 akan mendapatkan pengalaman bermain gim yang terbaik di kelasnya. Dengan grafis yang diperkuat AI pada seri laptop ini menghasilkan kualitas visual realistis yang menghidupkan suasana bermain. Kemampuan menampilkan visual kualitas tinggi dari komponen Deep Learning Super Sampling (DLSS) 3 yang diperkuat oleh AI. Inovasi ini mampu menjawab kebutuhan entertainment yang memuaskan pengguna dengan menghadirkan beragam keunggulan kompetitif bagi pengguna, seperti latensi system terendah dan responsivitas paling tinggi.

NVIDIA Topang Dan Optimalisasi AI Bagi Kebutuhan STEM 4

Kini, sepanjang bulan Oktober 2023, NVIDIA dengan para mitra dan Tokopedia menghadirkan penawaran menarik untuk pembelian seri laptop GeForce GeForce RTX 40 melalui program GeForce Week Festival. Tersedia cashback hingga jutaan rupiah bagi para pelanggan melalui program yang dihadirkan pada September dan Oktober 2023 ini. Informasi selengkapnya tentang GeForce Week Festival silakan kunjungi Tokopedia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini