Doraemon : Stand By Me 2

Eksposisi News – Hari minggu (14/02/2021) mendapat undangan menghadiri pernikahan Nobita dan Shizuka. Akhirnya, keduanya menikah setelah muncul di komik selama 50 tahun. Ini menjadi penutup kisah yang epic dari petualangan Doraemon sejak dibuat oleh Fujiko Fujio, yang terdiri dari dua komikus  yaitu Fujimoto Hiroshi dan Abiko Motoo. Mereka membentuk kerja sama pada 1951, dan mulai menggunakan nama Fujiko Fujio mulai dari 1954 hingga berpisah pada 1987.

Kartun atau Manga – dalam sebutan Jepang, Doroemon muncul pertama kali pada 1969 dan masuk ke Indonesia setelah ditayangkan di RCTI pada akhir dekade 1988. Sejak pertama kali muncul, cerita Doraemon mencapai 1.345 dan dikumpulkan ke dalam bentuk buku sebanyak 45 jilid. Pada tahun 2005, pihak penerbit Shōgakukan menambah sebuah serial sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita yang berbeda dari 45 jilid aslinya.

Stand By Me 2, merupakan sekuel film layar lebar Doraemon dari sebelumnya yang dirilis pada 2014. Dimana ini menjadi akhir dari petulangan Doraemon sebagaimana sudah menjadi polemik bagi pecinta manga ini sejak 1980an. Nobita akhirnya menikahi Shizuka dan berpisah dengan Doraemon.

Doraemon : Stand By Me 2

Bisa dikatakan bahwa meski ini film anime yang diangkat dari komik, namun dalam versi film layar lebar kali ini ceritanya tentu tidak sesederhana sebagaimana dalam komik atau film kartun lainnya. Memang cerita dalam Doraemon ini akan lebih pas buat kalangan remaja.

Namun demikian, buat generasi 1980an, tentu Stand By Me 2 ini saying untuk dilewatkan. Bagaimana tidak, bila sejak awal mengikuti petualangan robot kucing dari masa depan ini, tentu ingin mengetahui bagaimana akhir ceritanya.

Dari poster film sudah terlihat bahwa Nobita dan Shizuka akhirnya menikah, serta Doraemon menatap mereka dengan mata berair seolah terharu. Pernikahan ini memang mengharukan, bagaimana tidak hingga sesaat sebelum pernikahan dilakukan, Nobita tak kunjung menunjukkan dirinya.

Gian dan Suneo yang menjadi pengiring mempelai pria gusar. Sementara Shizuka berharap cemas karena dia tahu Nobita adalah orang yang ceroboh.

Hingga akhirnya Nobita muncul dan acara pernikahan berlangsung sukses. Hanya Shizuka yang tahu bahwa Nobita yang disampingnya, bukanlah Nobita yang diharapkannya. Karena ini memang Nobita dari masa lalu. Jadi apa yang senarnya terjadi ?.

Memang Stand By Me 2 ini cukup menguras perhatian dan perasaan saat menontonnya. Alur cerita dibuat maju mundur sedemikian rupa sehingga terkadang kita mengernyitkan kening, lain waktu akan tersenyum dan tertawa dengan aksi Doraemon dan Nobita bersama kawan-kawannya. Soal alur cerita, film ini memang sangat bagus.

Animasi Doraemon sendiri memang sejak 2005 mengalami adaptasi yang lebih modern. Buat yang terbiasa melihat dalam versi kartun lama jaman RCTI, tentu akan sangat beda. Teknologi CGI-nya mampu menghidupkan karakter lebih baik.

Penayangan perdana Stand By Me 2 di jaringan bioskop Cinema XXI, dilakukan sebagaimana resepsi pernikahan. Studio bioskop didekorasi seperti ada hajatan nikah. Penonton hadir dengan stelan baju resmi pesta atau batik. Sebuah pengalaman nonton yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here