Harga emas naik pada hari Jumat (03/11/2023) karena dolar AS dan imbal hasil Treasury melemah setelah data pekerjaan AS yang lemah memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunganya. Harga emas di pasar spot naik 0,4% menjadi $1,994.28 per ounce pada Sabtu dini hari pukul 03:14. WIB, setelah mencapai sesi tertinggi $2,003.69. Emas berjangka AS ditutup 0,3% lebih tinggi pada $1,999.2.

Pertumbuhan lapangan kerja AS melambat lebih dari perkiraan pada bulan Oktober, sementara inflasi upah melambat, hal ini menunjukkan adanya pelonggaran dalam kondisi pasar tenaga kerja. Data menunjukkan pengusaha menambah 150.000 pekerjaan pada bulan Oktober, di bawah perkiraan para ekonom sebesar 180.000.

Jika pasar tenaga kerja mulai memburuk, The Fed tidak akan mampu melanjutkan jalur hawkishnya. Data memperkuat gagasan jeda The Fed, hal yang dianggap bisa membantu harga emas naik.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas batangan dengan imbal hasil nol.

Menambah kilau emas, indeks dolar AS (DXY) turun 1% dan imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun turun ke level terendah lebih dari satu bulan setelah data tersebut dirilis.

Para pedagang sekarang memperhitungkan kemungkinan 95% bahwa bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada bulan Desember dibandingkan dengan 80% sebelum data tersebut dirilis, menurut alat CME FedWatch.

Harga emas di level $2.000 adalah level resisten psikologis yang besar dan indikator momentum menunjukkan hal itu mungkin merupakan sebuah perjuangan saat ini.

Investor juga mengawasi konflik Timur Tengah. Emas naik lebih dari 7% di bulan Oktober karena permintaan safe-haven. Meskipun perdamaian sepertinya tidak akan terwujud, situasinya mungkin tidak akan meningkat menjadi konflik regional dalam jangka pendek. Mengingat emas telah mengalami pergerakan yang luar biasa dalam sebulan terakhir, kita bisa melihat beberapa konsolidasi atau bahkan sedikit kemunduran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini