EksposisiNews, Jakarta – Bulan Ramadhan memang identik dengan lagu-lagu religi. Big Indie NAGASWARA pun selalu merilis lagu-lagu religi, dimana Ramashan 2021 langsung meriliis empat cover lagu sekaligus, yaitu pertama, Bocah Ngapa Yak yang dinyanyikan Balena, Aida  Saskia, Keyne Stars, Ilham. Kedua, Si Udin Bertanya (Denias, Ujung Oppa, Ratu Meta, Kania). Ketiga, Cintaku Karena Allah ( Dinda Permata, Bella, Tiara Marleen, Shella). Keempat, Cari Berkah (Selvi Kitty, Nurie Melanie, Hesty Klepek Klepek, Andrigo).

Berikut ini keempat lagu religi tersebut:

Bocah Ngapa Yak

Artis                : Balena, Aida  Saskia, Keyne Stars, Ilham.

Lagu                : “Bocah Ngapa Yak” (lead Balena )

Ciptaan           :  Apoy Wali

Aransemen      : Roelswara

Label               : Big Indie NAGASWARA

Rilis                : April 2021

Nagaswara Rilis 4 Cover Lagu Religi Lebih Berwarna 1

Lagu bernuansa religi dengan judul “Bocah Ngapa Yak“ milik grup Wali band yang dirilis pada tahun 2018. Kini lagu tersebut dinyanyikan dan diaransemen ulang lagi dan kembali dipersembahkan di Ramadhan 2021 oleh 3 penyanyi cantik dan satu penyanyi tampan besutan NAGASWARA seperti; Balena, Aida Saskia, Keyne Stars dan Ilham. Sebagai lead vokal dari grup ini adalah Balena.

Sebuah single yang diciptakan Apoy diangkat dari sebuah fenomena trend kata “Bocah Ngapa Yak” yang hadir di tengah masyarakat Indonesia saat itu terutama di lingkungan anak-anak.

Lagu “Bocah Ngapa Yak”  ini bercerita tentang sifat seseorang yang sudah besar tapi kelakuan masih seperti anak-anak atau sudah tua namun kelakuan masih kayak anak-anak. Padahal yang namanya anak-anak adalah fase dimana ia bisa disebut masih tidak berdosa, tetapi kenapa ini yang sudah dewasa  berkelakuan anak–anak dan minta dimaklumi.

Konsep musiknya yang sudah di re-aransemen menurut Roelswara tetap Pop Analog Electronic, hanya saja ada penambahan dari unsur perkusinya yang lebih ramai, karena memang untuk konsep bernyanyi grup dan agak sedikit kesulitan untuk pembagian vokalnya karena karakter penyanyi yang berbeda.

Tidak ada kesulitan apapun dari Balena, Aida Saskia, Keyne Stars maupun Ilham karena lagu ini memang sudah sangat populer dan liriknya gampang untuk diingat dan mudah untuk dinyanyikan oleh siapapun. Harapannya semoga single ini bisa sesukses dibawakan oleh Wali dulu atau bisa jauh lebih sukses dari sebelumnya dan diterima oleh masyarakat. (PR)

Si Udin Bertanya

Artis                :  Denias, Ujung Oppa, Ratu Meta, Kania

Lagu                : “Si Udin Bertanya” (lead Denias)

Ciptaan           : Apoy Wali

Aransemen      : Jaya RPH

Label               : Big Indie NAGASWARA

Rilis                : April 2021

Nagaswara Rilis 4 Cover Lagu Religi Lebih Berwarna 2

Lagu hits milik Wali Bali kembali dinyanyikan dan diaransemen ulang sebagai lagu persembahan di bulan religi tahun 2021 ini. Sebuah lagu berjudul “Si Udin Bertanya” kini dinyanyikan kembali (remake) oleh Denias, Ujung Oppa, Ratu Meta dan Kania dengan lead vokal yaitu Denias.

Lagu “Si Udin Bertanya” ciptaan Apoy ini bercerita tentang sosok si udin yang memang orangnya suka bertanya dan selalu ingin tau apapun. Sosok udin yang bertanya untuk apa berdoa dan dijawab oleh sang ustad supaya bahagia. Kemudian si udin bertanya lagi, apa doa supaya jauh dari api neraka?.

Lirik yang memang iconic ini mempu menyedot perhatian pecinta musik tanah air. Inspirasi lagu inipun sederhana, berdoa dijauhkan dari api neraka yang harus diajarkan setiap hari dari kecil dan memjadi makanan sehari-hari.

Sukses dengan lagu “Si Udin Bertanya” yang dibawakan Wali pada tahun 2013, kini Denias, Ujung Oppa, Ratu Meta dan Kania mencoba untuk menyanyikan kembali lagu ini dengan konsep yang berbeda tetapi tidak menghilangkan ciri khas dari Wali. Bedanya adalah vocal yang baru ini diisi dengan 2 vocal permpuan yaitu Ratu Meta dan Kania.

Perbedaannya terasa sekali dibandingkan dengan konsep musik yang dibawakan Wali, untuk tahun 2021 ini adalah konsep musik religi ini lebih fresh yang di re-aransemen oleh Jaya RPH menjadi jadi gaya kentrung pengamen jalanan tetapi dengan sentuhan Dancedhut NAGASWARA. Besar harapan Denias, Ujung Oppa, Ratu Meta dan juga Kania ini agar lagu ini bisa sesukses Wali sebelumnya bahkan bisa jauh lebih sukses dan juga diterima oleh masyarakat terutama pecinta musik tanah air.

Cintaku Karena Allah

Artis                : Dinda Permata, Bella, Tiara Marleen, Shella

Single Religi   : “Cintaku Karena Allah” (lead Dinda)

Cipt.                : Yogi & Depp

Aransemen      : Depp

Label               : Big Indie NAGASWARA

Release           : April 2021

Nagaswara Rilis 4 Cover Lagu Religi Lebih Berwarna 3

Tahun 2015 lagu “Cintaku Karena Allah” milik Zaskia Gotik ciptaan Yogi & Depp pernah dirilis dan sukses di pasar musik tanah air. Tahun 2021 merupakan kesempatan baik apabila lagu yang sempat sukses ini di release ulang dengan rasa yang berbeda. Empat penyanyi solo NAGASWARA tersebut bergabung dalam suara vokal menyatu berpadu lewat lagu “Cintaku Karena Allah” dengan genre Pop Religi. 

Adalah Dinda Permata, Bella, Tiara Marleen dan Shella O yang berkesempatan untuk me-release kembali lagu “Cintaku Karena Allah” ini.  Keempat penyanyi wanita yang berbeda genre ini bersatu untuk memberikan nuansa yang berbeda dengan tidak menghilangkan ciri khas dari lagu yang dibawakan oleh Zaskia Gotik tersebut.

Bagi Dinda, Bella, Tiara dan Shella, menyanyikan lagu religi bukanlah perkara gampang, meskipun Dinda Permata pernah merelease lagu religi. Tentu saja karena pesan kebaikan yang disampaikan dalam lirik lagu ini begitu mendalam.

Lagu “Cintaku Karena Allah” ini bercerita tentang rasa syukur atas segala rahmat Allah yang diberikan kepada kita semua. Ada pesan-pesan kebaikan yang terkadung didalamnya seperti kita mencitai seseorangpun harus kerana Allah, dll. 

Berikut petikan lirik dari lagu “Cintaku Karena Allah” : 

 “Aku tercipta karena Allah. Aku terlahir karena Allah. Seluruh nafas hidup matiku, semunya hanya milik Allah.  Seperti juga isi hatiku telah kuserahkan tuk dirimu. Cinta dan rinduku kepadamu semua karena Allah.

 “Aku sungguh cinta kepadamu. Rinduku juga hanya untukmu. Semua ini bukan kebetulan, tapi karena Allah. Cintai aku karena Allah. Miliki aku karena Allah. Karna seluruh hidup mati kita akan kembali kepada Allah.”.

Semoga dengan mendengarkan lagu ini kita semua bisa lebih mencintai apapun yang kita lakukan hanya karena Allah semata dan bisa diterima oleh pecinta musik Indonesia terutama pecinta musik Religi. (PR)

Cari Berkah

Artis                : Selvi Kitty, Nurie Melanie, Hesty Klepek Klepek, Andrigo

Lagu                : Cari Berkah (lead Selvi Kitty)

Ciptaan           : Apoy Wali   

Aransmen       : Roelswara

Label               : Big Indie NAGASWARA

Rilis                : April 2021

Nagaswara Rilis 4 Cover Lagu Religi Lebih Berwarna 4

Lagu-lagu yang dibawakan oleh grup Wali mengandung pesan yang bermanfaat untuk setiap yang mendengarkannya. Dengan cara demikian, para pecinta musik yang mendengarkan liri-lirik lagu Wali diharapkan dapat mengetahui dan memahami pesan-pesan dakwah yang terkandung di dalamnya. Salah satu lagu Wali yang bernuansa dakwah adalah “Cari Berkah”.

”Cari Berkah” adalah lagu yang populer dibawakan oleh Wali Band pada tahun 2012 sekaligus menjadi Original Soundtrack sinentron “Amanah Wali 4” yang tayang di televisi RCTI sampai dengan saat ini dan telah mendapatkan penghargaan Indonesian Television Awards tahun 2020 lalu.

Lagu ini kini pada tahun 2021 dinyanyikan ulang oleh artis-artis NAGASWARA yang menyanyikannya secara grup yaitu Selvi Kitty, Nuri Melanie, Hesty Klepek Klepek dan Andrigo. Adapun yang menjadi lead vokalnya adalah Selvi Kitty.

Menjadi tantangan tersendiri untuk keempat penyanyi yang berbeda genre ini, terlebih untuk Selvi, Hesty dan juga Nuri untuk menyesuaikan range vocal yang dimiliki oleh Faank sang Vocalist Wali Band karena vocal yang digunakan sebelumnya adalah untuk laki-laki dan harus dirubah mejadi range vocal perempuan.

Lain halnya dengan Andrigo tidak terlalu mendapat kesulitan, karena memang Andrigo telah terbiasa dengan genre musik Melayu yang sama dengan yang diusung oleh Wali Band.

Aransemen musik digarap ulang oleh Roelswara ini berkonsep musik Pop Analog Electronic namun Instrument Melodi Electronic Syintesizer lebih mengikuti musik era 2021 tanpa menghilangkan ciri khas dari lagu “Cari Berkah” ini sendiri. Akan tetapi dengan aransemen baru ini Selvi, Hesty, Nuri dan Andrigo yakin bisa diterima oleh penikmat musik tanah air terlebih untuk menemani suasana bulan Ramadan agar lebih berwarna (PR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here