Peranan pemuda dalam pembangunan nasional adalah sangat penting, oleh sebab diperkukan kerja sama atau kolaborasi dengan sejumlah pihak secara lintas sektoral. Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, “Pemberdayaan pemuda merupakan pondasi penting dalam membangun masa depan bangsa. Dengan acara ini yang dikemas dengan elegan dan mengumpulkan banyak sekali anak-anak muda yang inspiratif, kami mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini serta inisiatif lainnya yang berfokus pada pemberdayaan pemuda.”

Hal ini disampaikan Menteri Dito saat memberikan sambutan dalam acara yang digelar oleh Indonesian Youth Diplomacy (IYD), pada Jumat (16/06/2023) di Jakarta. Indonesian Youth Diplomacy (IYD) adalah organisasi pemuda yang berdedikasi untuk memperkuat peran pemuda dalam diplomasi, kerjasama internasional, dan pembangunan berkelanjutan. IYD bekerja sama dengan pemerintah, organisasi internasional, dan pemuda dari seluruh dunia untuk mendorong kolaborasi pemuda dalam menghadapi tantangan global. IYD berkomitmen untuk mewujudkan perubahan positif melalui partisipasi aktif pemuda di tingkat regional dan global.

Pada tahun ini, tema utama kegiatan IYD adalah “Shaping the World Through Collaboration“. Menurut IYD kolaborasi adalah kunci untuk menciptakan perubahan positif dan memajukan dunia di berbagai bidang. Melalui kolaborasi yang erat antara pemuda, pemerintah, sektor swasta, dan organisasi masyarakat sipil, oleh sebab itu, IYD berkomitmen untuk mengatasi tantangan global dan mewujudkan tujuan bersama.

Ketua Indonesian Youth Diplomacy, Michael Victor Sianipar, menyatakan, “Peran para pemuda Indonesia dalam mempertahankan eksistensi generasi muda di panggung internasional adalah hasil dari kolaborasi yang telah berlangsung dalam jangka panjang. Semua upaya ini dapat terwujud berkat dukungan pemerintah.” Michael Sianipar juga mengajak semua pihak yang hadir untuk menjalin kemitraan yang lebih kuat, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta merancang inisiatif kolaboratif yang inovatif. Dengan bekerja bersama, kita dapat mengatasi permasalahan kompleks seperti perubahan iklim, kesenjangan sosial, krisis kemanusiaan, dan tantangan teknologi yang semakin berkembang.

Ia berharap bahwa para pemuda indonesia dapat meningkatkan peran dalam diplomasi dan forum internasional. Tak heran bila IYD saat ini telah memiliki mandat kuat untuk menyelenggarakan forum-forum internasional kepemudaan yang melibatkan pemuda Indonesia dalam berbagai dialog global.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Bogor, Bima Arya, mengungkapkan harapannya bahwa “anak muda dapat terus menyiapkan gagasan baru dan mengetuk pintu pemerintah, dan salah satu awalannya adalah melalui acara ini.”

Sejumlah tokoh pemerintahan juga hadir dan memberikan dukungan kegiatan ini. Deputi Menko PMK, Woro Srihastuti Sulistyaningrum, menyatakan, “Pemuda memiliki kekuatan dan energi untuk mengubah dunia. Dukungan untuk IYD adalah cara kami untuk memastikan bahwa suara mereka didengar dan peran mereka dalam menjamin keberlanjutan dan masa depan bangsa.” Sementara Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Novia Widyaningtyas, menambahkan, “KLHK percaya bahwa pemuda memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Kegiatan IYD telah menunjukkan bagaimana pemuda aktif dalam pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab.”

Wafa Taftazana, Co-Head of Business Relations and Fundraising Division of Indonesian Youth Diplomacy, menjelaskan, “Melalui keterlibatan dan dukungan dari berbagai sektor, kami percaya bahwa pemuda dapat menjadi bagian integral dalam penyelesaian berbagai isu global dan lokal.”

Dalam kesimpulannya, ia ingin melihat perwujudan komitmen IYD dalam memberdayakan pemuda Indonesia, memperkuat suara mereka, dan membangun masa depan yang lebih baik melalui kolaborasi dan partisipasi aktif dalam forum-forum internasional.

Michael Sianipar, \juga menekankan pentingnya dukungan pemerintah dalam memberdayakan pemuda. Ia menyampaikan, “Kesuksesan kami dalam menyelenggarakan Y20 Indonesia 2022 membuka peluang yang lebih luas bagi IYD untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam memberdayakan suara pemuda Indonesia.”

Ia mengajak semua pihak yang hadir untuk terlibat dalam kolaborasi yang erat, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta merancang inisiatif kolaboratif yang inovatif. Melalui kerjasama yang kuat antara pemangku kepentingan dari berbagai sektor, diharapkan dunia dapat dibentuk menjadi tempat yang lebih baik untuk generasi mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini