Agenda dan Peristiwa

Lomba Baca Puisi Nasional 2023 Secara Online

332
Penyair dan Dramawan yang dijuluki "si Burung Merak", WS Rendra membacakan puisi di sebuah apartemen mewah di Jakarta Selatan, Kamis (4/2/2004) malam. Foto Pandu Dewantara / ANTARA FOTO.

Menyambut Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, Jendela Puspita bersama Yayasan Budaya Hanjuang Bodas mengadakan Lomba Baca Puisi Tingkat Nasional 2023. Tema yang di usung pada tahun ini ialah Sumpah Pemuda untuk Indonesia: Dengan Kata-Kata Kurekat Makna, Dengan Bahasa Kurekat Bangsa.

Menurut Siska Puspita Dewi, pembina Jendela Puspita bahwa lewat kegiatan ini, mereka berharap para peserta mampu menampilkan pembacaan puisi yang luar biasa sehingga dapat mengobarkan semangat untuk Indonesia jaya melalui syair-syair puisinya. Selain itu, mereka juga berharap para peserta dapat membangun kecintaan nasionalisme peserta sebagai agen nyata perubahan di bidang literasi.

Dewan juri dalam Lomba Baca Puisi ini ialah Pembina Jendela Puspita, Siska Puspita Dewi, Budayawan dan Ketua Yayasan Budaya Hanjuang Bodas, Rd Ace Sumanta, dan Ketua Forum Sastra Kota Bogor Rida Nurdiani.

Lomb abaca puisi ini terbuka baik untuk pelajar dan guru hingga masyarakat umum se-Indonesia. Para peserta akan membacakan dua buah puisi, yaitu puisi wajib dan puisi pilihan yang direkam dalam dua video berbeda. Video tersebut kemudian diunggah secara online dimana durasi pembacaan puisi maksimal 20 menit per satu video.

Materi puisi wajib yang akan di bacakan ialah puisi karya Tim Penyair Jendela Puspita yang termuat dalam buku Antologi Puisi Sumpah Pemuda untuk Indonesia, Antologi Puisi Untukmu Pahlawanku, dan Antologi Puisi Balada Manusia di Antara. Sementara untuk puisi pilihan, peserta boleh membacakan puisi karya sendiri atau karya puisi penyair lain yang di sukai peserta dalam buku tersebut.

Selain membayar uang pendaftaran, peserta juga diwajibkan mensubscribe Youtube dari Jendela Puspita TV dan menfollow akun Instagram @jendela_puspita. Formulir pendaftaran dapat di ambil pada tautan disini.

Dewan juri akan melakukan penilaian terhadap video peserta berdasarkan kriteria penilaian yang telah di tetapkan. 30 peserta terbaik terdiri atas 15 kategori pelajar dan 15 kategori guru atau umum akan tampil pada babak final secara tatap muka. Bagi 30 finalis terbaik ini akan mendapatkan sertifikat. Pengumuman pemenang lomba puisi dan penyerahan hadiah akan di umumkan pada puncak acara ini dimana masing-masing kategori akan dipilih juara 1 hingga harapan 2.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here