Pada Sabtu (23/12/2023) Jendela Puspita bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kota Bogor mengadakan Lokakarya Nasional Menulis Esai di Aula Dinas Pendidikan Kota Bogor. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghidupkan gerakan literasi dan meningkatkan keterampilan menulis esai dikalangan pendidik. Untuk itu, Jendela Puspita memilih tema “Urgensi Melahirkan Gagasan bagi Para Pendidik  guna Meraih Kesuksesan dalam Pendidikan“.

Sejumlah narasumber didatangkan, mulai budayawan hingga akademisi untuk dan penerbit selaku praktisi. Menurut Afif Ardiansyah, selaku ketua pelaksana bahwa lokakarya ini tidak semata hanya teoritis semata, tetapi para peserta juga akan didampingi untuk melahirkan karya tulis dalam bentuk esai hingga dapat diterbitkan dalam bentuk buku. Harapannya adalah lewat karya ini dapat menjadi inspirasi bagi pendidik lainnya.

Rd. Ace Sumanta, budayawan yang turut menjadi salah satu narasumber memberikan motivasi bagi para pendidik untuk tidak berhenti menebarkan virus literasi di mana pun berada. Menurutnya, masih ada beberapa dari kita lebih sering terlalu asyik dengan ponselnya ketimbang buku bacaan.

Sementara Nur Indah Yusari, seorang akademisi dan juga penulis menyampaikan sejumlah teori pragmatis tentang pembuatan karya esai. Ia menjelaskan definisi esai, unsur pembentuk esai, tahapan membuat esai, dan tip menulis esai.

Para peserta kemudian berkesempatan praktik menulis esai secara langsung dengan Siska Puspita Dewi, setelah pengisian materi yang disampaikan olehnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini