MIND ID menerima penghargaan Green Initiative Award 2023 dari Katadata pada 26 September 2023 di Jakarta. (Istimewa)

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia mendapatkan penghargaan Katadata Green Initiative Award yang merupakan bagian dari pelaksanaan Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023 yang berlangsung di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9/2023). MIND ID mendapat penghargaan untuk kategori Energy/Mining.

Green Initiative Award merupakan agenda tahunan diselenggarakan PT Katadata Indonesia dengan tujuan dapat memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan dengan disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf menyambut baik penghargaan yang diberikan Katadata kepada MIND ID. Menurut Heri, raihan tersebut menjadi pelecut semangat Grup MIND ID dalam memberikan kontribusi nyata dalam sektor energi ataupun pertambangan dengan mempraktikkan good mining practice dan berkelanjutan.

“Tentunya penghargaan ini menjadi semacam penyemangat bagi MIND ID untuk terus berkontribusi dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan. MIND ID bersama dengan anggota perusahaannya terus berkomitmen dalam menyokong target nol emisi karbon yang diusung pemerintah. Kami terus memberikan nilai lebih untuk Indonesia,” kata Heri di Jakarta, Senin, 2 Oktober 2023.

Sejalan dengan visi MIND ID untuk menjadi perusahaan sumber daya alam terkemuka dengan komitmen kuat terhadap masyarakat dan lingkungan, pendekatan keberlanjutan MIND ID adalah landasan eprusahaan untuk berkontribusi pada SDG sebagai bagian dari perwujudan Noble Purpose MIND ID, “We explore natural resources for civilization, prosperity and a brighter future”

The Sustainability Pathway (ESG) merupakan alat untuk mewujudkan Kinerja ESG MIND ID yang terdiri dari lingkungan, sosial dan tata kelola.

Upaya pelestarian lingkungan berhasil dilakukan oleh MIND ID bersama dengan grup perusahaannya. Berbagai kegiatan anggota Grup MIND ID dalam upaya pelestarian lingkungan terus dilakukan.

Di antaranya, melalui PT Bukit Asam Tbk., (PTBA) yang konsisten melakukan upaya konservasi terumbu karang di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Selain itu, urusan reklamasi laman bekas pertambangan yang sudah dilakukan PTBA sudah dilakukan seluas 2.146,83 hektar sepanjang 2022.

Ada pula upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh anggota Grup MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), melalui program penanaman 4,99 juta pohon di atas lahan seluas 4.541 hektar di kawasan bekas tambang, daerah aliran sungai (DAS) dan area pesisir.

Pelestarian lingkungan hidup pun dilakukan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sukses menanam pohon sebanyak 2,6 juta mangrove di area lahan seluas 450 hektar. PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) juga melakukan penanaman 616 ribu bibit pohon selama 2022.

Selain itu, PT Timah Tbk., (TINS) melakukan penanaman 18.100 bibit pohon mangrove di beberapa wilayah operasional yang tersebar di Bangka-Belitung. PT Timah pun berhasil mengembangkan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang menjadi wilayah destinasi wisata di Pulau Bangka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini