Alodokter kini menjadi aplikasi layanan kesehatan yang paling mudah dan cahsless. Ilustrasi foto oleh Alodokter.

Alodokter, platform kesehatan digital terkemuka di Indonesia, telah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan asuransi kesehatan terkemuka. Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat Indonesia ke layanan kesehatan melalui fitur telemedisin.

Kerjasama ini merupakan tonggak penting dalam perkembangan industri layanan kesehatan, karena memungkinkan pengoptimalan layanan telemedisin tanpa perlu transaksi tunai atau cashless. Beberapa perusahaan asuransi yang terlibat dalam kolaborasi ini seperti Saka PGN, BNI Life, PGN Perkasa, Sompo, Bosowa, Sequis, Equity, Car, Pertalife, BCA Life, Chubb Life, PGN Saka Energi, Bumida, dan Bumida Syariah.

Menggabungkan layanan telemedisin dengan perusahaan asuransi kesehatan memberikan beragam manfaat yang signifikan kepada para pemegang polis asuransi. Alodokter menyediakan akses layanan kesehatan yang nyaman dan ekonomis, memungkinkan pemegang polis untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung, di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, proses penebusan obat juga menjadi lebih praktis, dengan obat-obat yang diantarkan langsung ke rumah pasien. Perlindungan asuransi menjamin pengguna memiliki perlindungan finansial dan akses ke layanan medis yang dibutuhkan.

Ketika semua komponen terintegrasi, maka terciptalah ekosistem layanan kesehatan yang komprehensif dan efisien. Situasi ini meningkatkan aksesibilitas bagi pengguna, mengurangi beban administratif, dan menyediakan solusi layanan kesehatan yang lebih terjangkau secara finansial.

Integrasi fitur yang Alodokter tawarkan kepada perusahaan asuransi mencakup fitur Chat Dokter (telemedisin) dan Aloshop, untuk penebusan dan pembelian obat. Selain itu, Alodokter juga menawarkan harga khusus untuk layanan Chat Dokter kepada calon mitra perusahaan asuransi ini.

Harapannya, kolaborasi dengan perusahaan asuransi ini dapat memberikan manfaat dalam beberapa aspek penting, termasuk masalah rasio klaim Ratio yang lebih efisien. Sebagai mana diketahui bahwa di Alodokter, setiap pemegang polis asuransi akan memiliki seorang Dokter Pribadi.

Dokter Pribadi ini memiliki peran penting dalam menangani keluhan dan penyakit pasien, serta berfungsi sebagai filter awal untuk menentukan apakah pasien memerlukan rujukan ke rumah sakit atau hanya memerlukan perawatan di rumah dengan resep obat yang sesuai. Dokter Pribadi akan melakukan pemantauan berkala terhadap kondisi pasien, yang akan membantu menjaga kesehatan pasien secara teratur, bahkan jika mereka hanya menerima perawatan di rumah.

Selain itu, Alodokter juga memiliki sistem terintegrasi menggunakan algoritma khusus untuk memudahkan Dokter Pribadi memberikan resep dengan obat-obatan yang kandungan zat aktifnya sesuai kebutuhan penyakit pasien, namun dengan harga obat yang lebih terjangkau. Dengan cara ini, kolaborasi ini diharapkan dapat membantu mengurangi claim ratio perusahaan asuransi untuk manfaat rawat jalan atau rawat inap.

Kedua adalah masalah penagihan biaya jasa yang lebih transparan. Aplikasi Alodokter memastikan penagihan yang transparan dan akurat, sehingga mudah bagi pemegang polis untuk memahami biaya kesehatan mereka.

“Integrasi telemedisin dengan insurance provider memungkinkan Alodokter meningkatkan aksesibilitas layanan telemedisin bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya sejalan dengan misi Alodokter untuk terus memberikan solusi kesehatan terbaik kepada masyarakat di era tren kesehatan digital ini. Harapannya dengan adanya kerjasama antara Alodokter dengan insurance provider akan memberikan manfaat pengelolaan asuransi kesehatan yang lebih mudah, lebih terkontrol dan transparan bagi para partner kami“ kata Suci Arumsari Co-Founder dan President Director dari Alodokter.

Selain memberikan manfaat kepada perusahaan, Alodokter juga berkomitmen untuk memberikan manfaat yang sama baiknya kepada para pemegang polis asuransi. Selain akses yang mudah ke layanan telemedisin yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja, pemegang polis asuransi juga akan merasakan manfaat.

Manfaat tersebut adalah yang pertama perawatan kesehatan yang komprehensif. Setiap pemegang polis asuransi akan memiliki Dokter Pribadi, seorang dokter khusus yang tersedia 24/7 dan akan menangani semua keluhan pasien. Dengan fitur rekam medis elektric, dokter dapat dengan lebih akurat menganalisis penyakit pasien, memastikan perawatan kesehatan yang komprehensif. Selain itu, pasien juga dapat dengan mudah melihat kembali rekam medis mereka untuk memahami kondisi kesehatannya saat diperlukan.

Kedua adalah soal jaringan Dokter yang luas. Aplikasi Alodokter menawarkan akses ke berbagai dokter spesialis, sehingga pemegang polis asuransi dapat mendapatkan pengobatan dari ahli yang sesuai dengan masalah kesehatan mereka.

Ketiga adalah pembelian obat yang mudah. Para pemegang polis asuransi dapat menebus resep obat mereka melalui fitur Aloshop di Alodokter, dan obat-obat tersebut akan diantarkan langsung ke rumah mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini