Besarnya keyakinan atas suku bunga AS akan naik minggu ini mendorong Dolar AS menguat. (Lukman Hqeem)
Besarnya keyakinan atas suku bunga AS akan naik minggu ini mendorong Dolar AS menguat. (Lukman Hqeem)

EksposisiNews, Banyuwangi – Dolar Amerika Serikat mengalami penguatan pada perdagangan di awal sesi Asia pada hari Jumat (06/08/2021) menjelang rilis data ketenagakerjaan AS. Pasar bersiap untuk angka-angka yang dapat membuat kasus pengetatan kebijakan AS yang lebih cepat pada saat tindakan di Eropa dan Jepang tetap jauh.

Euro telah kehilangan sekitar 0,3% pada dolar minggu ini dan terakhir melayang lebih rendah di $ 1,1825. Ini telah gagal dalam beberapa upaya baru-baru ini untuk menembus resistensi di sekitar $ 1,1910.

Dolar juga bertengger di tertinggi satu minggu di 109,84 yen Jepang, setelah memantul kuat dari terendah 108,72 yang disentuh pada hari Rabu. Indeks dolar AS naik tipis ke 92,316 dan sejauh ini 0,26% lebih tinggi minggu ini.

Komentar Deputi Gubernur Federal Reserve Richard Clarida minggu ini bahwa kondisi untuk kenaikan suku bunga dapat dipenuhi pada akhir 2022 hanya berfungsi untuk menggarisbawahi fokus pada pekerjaan. Pernyataan tersebut terasa sebagai sebuah adalah laporan pekerjaan besar yang membawa makna nyata, baik untuk ekonomi dan tarif.

Jika data lapangan kerja di luar sektor pertanian nanti bisa naik diatas satu juta,  dapat mengirim dolar dan imbal hasil AS meningkat tajam. Sebaliknya jika angkanya di bawah 650.000 dapat mengguncang saraf, meskipun mungkin bukan dolar jika mendapat manfaat dari penghindaran risiko investor.

Konsensus sejumlah analis adalah berharap diangka 870.000 sebagai pekerjaan yang telah ditambahkan bulan lalu. Meskipun mereka juga memprediksi perekrutan di tengah pandemi adalah permainan tebak-tebakan dan perkiraan berkisar antara 350.000 hingga 1,6 juta.

Menambah kesuraman telah menjadi kumpulan data AS yang beragam sepanjang minggu ini, dengan laporan ADP yang sangat lemah tentang perekrutan swasta, tetapi penurunan yang menggembirakan dalam klaim pengangguran dan pembacaan terkuat untuk aktivitas layanan.

Data akan dirilis pada 00 : 30 WIB, pada Sabtu dini hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here