Vaksin Covid-19

EKSPOSISI NEWS – Bursa saham awal pekan ini dimulai dengan minggu yang sibuk oleh keuntungan yang dijaga karena investor mengukur peluang A.S. stimulus fiskal dan moneter, sementara poundsterling Inggris naik secara luas karena perpanjangan pembicaraan terakhir Brexit menghindari perceraian yang sulit. Disisi lain, kemajuan vaksin virus korona mendukung sentimen risiko, dimana pengiriman pertama melaju cepat ke seluruh Amerika Serikat sebagai bagian dari misi bersejarah untuk menyuntik lebih dari 100 juta orang pada akhir Maret.

Vaksin telah memberikan sentiment menarik investor ke pasar dan akan terus berlanjut meskipun disisi lain terjadi kenaikan jumlah tingkat kasus melampui rekor sebelumnya termasuk catatan rawat inap dan kematian.  Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,1%, setelah mencapai serangkaian rekor tertinggi minggu lalu. Indek Nikkei Jepang naik 0,6% karena survei menunjukkan suasana di antara bisnis Jepang yang terpukul keras telah membaik pada kuartal Desember.

Selain Vaksin, Indek Bursa Nikkei Naik Juga Ditopang Hasil Survey Tankan

Bursa saham Jepang menguat lebih tinggi karena kemajuan peluncuran vaksin dan hasil kajian Bank of Japan, tankan. Pada perdagangan di hari Senin (14/12/2020), Indek bursa saham Nikkei naik tipis karena kemajuan peluncuran vaksin COVID-19 secara global mengangkat sentimen risiko, sementara survei Bank of Japan menunjukkan sentimen bisnis meningkat pada laju tercepat dalam hampir dua dekade pada Oktober-Desember.

Indek Nikkei naik 0,64% menjadi 26.823,25 pada istirahat tengah hari, rebound dari kerugian mingguan pertama dalam enam. Topix yang lebih luas naik 1,22% menjadi 1.803,73, tertinggi sejak Oktober 2018.

Semua sektor kecuali satu dari 33 sub-indeks sektor di bursa Tokyo diperdagangkan lebih tinggi. Pasar mengikuti AS saham berjangka lebih tinggi di sesi pagi di tengah meningkatnya harapan pemulihan ekonomi global yang cepat di tengah kemajuan vaksin virus corona, dengan pengiriman pertama melaju cepat di seluruh Amerika Serikat.

Survei tankan Bank of Japan juga mendukung sentimen pasar, karena mood di antara produsen besar membaik untuk kuartal kedua berturut-turut menjadi minus 10 bulan ini dari minus 27 pada bulan September.

Para investor tetap berhati-hati tentang meningkatnya kasus virus korona. Jepang melaporkan rekor lebih dari 3.000 infeksi harian baru pada hari Sabtu dan ibu kota Tokyo mengkonfirmasi 621 kasus baru. Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga akan memimpin pertemuan virus korona di kemudian hari dan selanjutnya dapat membatasi program subsidi perjalanan untuk menahan infeksi yang meningkat.

Saham Toyota Motor naik lebih dari 2,1% untuk mencapai level tertinggi sejak awal Februari, didukung oleh pengumuman mobil sel bahan bakar hidrogen yang dirubah serta data penjualan mobil Cina bulan November yang solid. Saham Nintendo melonjak 3,41% karena perusahaan game yang berbasis di Kyoto terus mendapatkan keuntungan dari pembatasan sosial yang lebih ketat.

Pada perdagangan mata uang, poundsterling menguat pada euro dan dolar setelah Inggris dan Uni Eropa setuju untuk melanjutkan pembicaraan tentang perdagangan pasca-Brexit melampaui batas waktu hari Minggu. Terhadap dolar, pound naik 0,7% menjadi $ 1,3321 dan menjauh dari penutupan hari Jumat di $ 1,3222. Euro tergelincir 0,5% menjadi 91,09 pence, turun dari level tertinggi tiga bulan di 92,29.

Memang kecil sekali kemungkinan tercapainya perjanjian perdagangan bebas akan dicapai sebelum akhir tahun. Ada banyak ketidakpastian dalam perekonomian, mengingat kurangnya kemajuan dalam beberapa pekan terakhir, hal ini akan meningkatkan risiko saat Brexit berlalu tanpa kesepakatan. Hal ini bisa membuat euro naik ke 96,00 pence, sementara kesepakatan bisa mengirim pound menguat ke 87,00 per euro.

Euro telah menagih keras terhadap AS. dolar, yang diyakini banyak analis telah memasuki tren turun siklus karena prospek pemulihan ekonomi global yang didorong oleh vaksin mengurangi kebutuhan akan tempat berlindung yang aman. Euro sendiri naik 0,2% pada hari Senin (14/12/2020) di $ 1,2134 dan dalam jarak yang sangat dekat dari puncak 31 bulan terakhir di $ 1,2177. Indeks dolar berdiri di 90.797, mendekati titik terendah baru-baru ini di 90.471.

Rintangan tambahan untuk dolar adalah pertemuan kebijakan Federal Reserve pada Desember. 15-16. Pasar mengasumsikan bank sentral hanya akan menyempurnakan pedoman kebijakan ke depan daripada membeli lebih banyak obligasi atau “memutarbalikkan” portofolionya untuk menambah hutang yang lebih lama. Resikonya kemudian jika Fed tidak mengungkap kejutan pada pertemuan ini, maka Treasury bisa rally dan Dolar AS bisa jatuh.

Kerutan ekstra adalah peluang A.S. berurusan dengan stimulus fiskal setelah seorang Demokrat mengisyaratkan mereka mungkin berkompromi untuk mendapatkan kesepakatan atas keberatan Partai Republik. Reuters melaporkan rencana bantuan senilai $ 908 miliar akan dibagi menjadi dua dalam upaya untuk mendapatkan persetujuan dan dapat diperkenalkan paling cepat Senin.

Karena Vaksin, Harga Emas Disimpang Penurunannya

Berlalurt-larutnya pembicaraan terkait stimulus fiskal Amerika Serikat dan optimisme vaksin menurunkan dolar AS bersama dengan harga emas. Secara teknis, harga emas menunjukkan potensi penurunannya ditengah persimpangan menjelang keputusan Federal Reserve yang akan dirilis pada hari  Rabu. Dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, emas telah naik lebih dari 21% tahun ini.

Pada minggu lalu, harga emas ditutup  dengan penurunan moderat di bawah $ 1940. Tekanan jual mendominasi perdagangan di tengah memudarnya harapan untuk bantuan bantuan virus korona AS. Lebih lanjut, investor tetap optimis tentang otorisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk vaksin covid Pfizer. Meskipun kekhawatiran yang membayangi tentang pertumbuhan virus di kedua sisi Atlantik dan kekhawatiran Brexit tanpa kesepakatan menopang sisi negatif dalam emas safe-haven.

Sentimen risiko telah membaik memulai minggu baru, membebani logam kuning, karena pasar menunggu peluncuran vaksin di AS setelah otorisasi FDA Sabtu pagi. Selanjutnya, optimisme Brexit yang diperbarui setelah pembicaraan diperpanjang melewati tenggat waktu hari Minggu menambah suasana pasar yang optimis.

Optimisme vaksin melawan kemungkinan kesepakatan stimulus fiskal AS dicapai minggu ini, membuat emas negatif. Menurut sumber, paket bantuan virus korona bipartisan senilai $ 908 miliar akan diperkenalkan di Kongres AS paling cepat Senin. Juga, pedagang emas tetap gelisah menuju keputusan kebijakan moneter FOMC yang paling ditunggu-tunggu dan final tahun ini.

Secara teknis melihat pergerakan harga emas dalam grafik empat jam, prospek emas tetap suram di sesi mendatang. Perdagangan emas di pasar spot telah mengukir formasi segitiga menurun pada jangka waktu tertentu, dengan upaya naik dibatasi oleh pertemuan resisten garis tren yang turun dan rata-rata bergerak sederhana dibawah (SMA) 21-bearish di $ 1841, pada saat penulisan.

Sentimen telah berubah agak bearish, karena SMA 21 telah menembus SMA 50 dari atas, mengonfirmasi perpotongan bearish. Menambahkan kepercayaan pada sisi bawah, Relative Strength Index (RSI) mengarah ke selatan (saat ini di 44,58) di bawah garis tengah. Support selanjutnya yang menunggu di SMA 100 horizontal di $ 1830, di bawahnya support segitiga di $ 1823,50 dapat diuji.

Sebagai alternatif, penembusan berkelanjutan di atas resisten kritis tersebut di atas dapat mengkonfirmasi penembusan segitiga menurun dan meniadakan bias sisi bawah baru-baru ini. Bull XAU kemudian bisa menantang SMA 200 di $ 1.861.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here