Bogor, Ekposisi News – Pernah mendengar kata tabulampot? Mungkin istilah ini tidak begitu familiar ditelinga Anda. Tabulampot adalah proses penanaman tanaman buah di dalam pot. Cara yang satu ini cocok dilakukan bagi Anda yang ingin menanam tanaman buah, namun memiliki lahan yang sempit atau terbatas.

Anda bisa belajar cara penanaman tersebut di kebun raya. Sebagai pusat konservasi, kebun raya memiliki lima pilar utama, yaitu konservasi, wisata alam, jasa lingkungan, penelitian, dan edukasi. Dalam menjalankan pilar edukasinya, kebun raya menyelenggarakan kelas edukasi dengan lebih dari 20 kelas latihan berkebun, salah satunya adalah Kelas Edukasi Tabulampot. Kelas ini secara khusus membahas penanaman tanaman buah dalam pot yang menjadi bagian integral dari upaya pelestarian alam dan edukasi lingkungan yang diusung oleh Kebun Raya.

Kelas Edukasi Tambulapot memiliki tujuan utama memberikan pendidikan kepada generasi muda mengenai kepentingan alam dan ekosistem, sekaligus membangun kesadaran lingkungan. Kelas ini terbuka untuk peserta sekolah dasar dari tingkat TK hingga SMA, mengakomodasi berbagai tingkatan usia sesuai dengan misi edukasi Kebun Raya. Dengan demikian, kelas ini bukan hanya sebagai sarana pembelajaran, tetapi juga sebagai wadah bagi peserta untuk memahami dan mengapresiasi hubungan yang erat antara manusia dan lingkungan alam sekitarnya.

General Manager Humas Kebun Raya Bogor, Zaenal Arifin mengatakan banyak sekali manfaat yang didapat oleh siswa untuk belajar tabulampot di kebun raya. Selain perawatannya yang mudah, tabulampot juga bisa dibudidayakan sebagai penghias rumah, pekarangan, maupuan taman di halaman rumah.

Selain itu juga tanaman yang ditanam di dalam pot membuat lingkungan nampak menjadi lebih rapih, bisa dijadikan sebagai penyegar ruangan pula. Untuk tahapan selanjutnya bahkan tabulampot bisa menjadi ladang usaha yang menghasilkan buah-buahan segar yang bisa dijual

Metode tabulampot sudah dikenal sejak tahun 1970-an menjadi solusi budidaya menanam dengan lahan terbatas terutama di daerah perkotaan. Seiring, berjalannya waktu, metode ini semakin berkembang baik variasi jenis tanamannya hingga penerapan teknologi, serta estetika tabulampot itu sendiri.

Pembimbing dari Kebun Raya Bogor akan hadir dan berinteraksi langsung dengan peserta Kelas Edukasi Tabulampot. Peserta akan dibimbing oleh ahli tanaman mengenai berbagai aspek terkait tabulampot, termasuk jenis tanaman yang cocok untuk, cara menanam, dan tips perawatan yang disesuaikan dengan jenis tanamannya. Lebih dari sekadar memberikan pengetahuan, mereka akan memandu peserta dalam praktik langsung sehingga menciptakan pengalaman lengkap dalam Kelas Edukasi Tambulapot. Dengan demikian, peserta tidak hanya akan memperoleh pengetahuan, tetapi juga keterampilan praktis untuk menanam dan merawat tanaman buah dalam pot secara efektif.

Tanaman tabulampot yang dihadirkan dalam kelas ini mencakup berbagai jenis, seperti mangga, jeruk nipis, dan jambu air. Setelah menyelesaikan kelas, peserta memiliki kesempatan membawa pulang tanaman tabulampot yang telah mereka tanam sendiri selama sesi menanam tanaman dalam pot. Harga kelas dimulai dariRp 45.000 – Rp 150.000disesuaikan dengan paket yang dipilih, memberikan akses terjangkau untuk pengalaman belajar yang tak terlupakan. Hal tersebut adalah untuk mningkatkan kecintaan mereka terhadapat tumbuhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini