Eksposisi News, Banyuwangi – Aktivitas sektor jasa Jepang menyusut untuk bulan ke-17 berturut-turut pada Juni karena virus corona mengurangi permintaan di dalam dan luar negeri, menggarisbawahi momentum lamban untuk ekonomi terbesar ketiga di dunia itu.

Penurunan dalam industri jasa membuat aktivitas sektor swasta secara keseluruhan dalam kontraksi untuk bulan kedua, sebagai tanda pemulihan ekonomi negara itu berjuang untuk meningkat meskipun membuat kemajuan dengan peluncuran vaksin virus corona.

Indeks Manajer Pembelian (PMI) au Jibun Bank Japan Services terakhir berada pada penyesuaian musiman 48,0, naik dari level akhir bulan sebelumnya di 46,5 dan pembacaan sekilas 47,2.

Itu berarti aktivitas jasa berada di bawah ambang 50,0 yang memisahkan kontraksi dari ekspansi untuk bulan ke-17, rekor terpanjang sejak 27 bulan berjalan hingga Maret 2010.

Survei PMI menunjukkan perusahaan melihat kontraksi yang lebih lambat dalam bisnis baru, termasuk dari luar negeri, dan tumbuh semakin bullish tentang ekspektasi untuk tahun depan.

Bisnis yang luar biasa, bagaimanapun, melihat tingkat penurunan yang sedikit lebih cepat, menunjukkan banyak perusahaan di sektor jasa masih merasakan sakit dari krisis kesehatan meskipun kondisi optimisme mereka akan membaik di tahun depan.

“Bisnis di sektor jasa Jepang melaporkan bahwa aktivitas tetap tenang karena negara itu terus memerangi gelombang terbaru infeksi COVID-19,” kata Usamah Bhatti, ekonom di IHS Markit, yang menyusun survei tersebut. “Perusahaan terus membangun kapasitas untuk mengantisipasi peningkatan permintaan, meskipun laju penciptaan lapangan kerja menurun ke level terendah empat bulan.”

Sektor-sektor yang dicakup dalam survei ini meliputi transportasi, real estate, komunikasi, informasi, layanan bisnis dan konsumen, tidak termasuk ritel.

Au Jibun Bank Flash Japan Composite PMI terakhir, yang dihitung menggunakan manufaktur dan jasa, adalah 48,9 pada bulan Juni, bulan kedua berturut-turut dari pembacaan kontraksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here