Dolar AS

Eksposisinews – Dolar AS mencapai level tertinggi multi-bulan terhadap euro dan yen pada hari Jumat setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell tidak khawatir tentang aksi jual obligasi baru-baru ini. Powell juga tetap pada pendiriannya untuk mempertahankan suku bunga rendah untuk waktu yang lama.

Sementara Powell tetap berpegang pada retorika dovish secara keseluruhan, dia mengatakan aksi jual pada obligasi bukan “tidak teratur”. Dia mengatakan kemungkinan adanya dorongan suku bunga jangka panjang yang begitu tinggi sehingga Fed mungkin harus campur tangan lebih kuat, menyalakan kembali aksi jual pada obligasi AS. Dia juga menegaskan kembali komitmennya untuk mempertahankan kebijakan moneter yang sangat kendur hingga ekonomi “sangat jauh di jalan menuju pemulihan.”

Indeks dolar mencapai level tertinggi tiga bulan dan terakhir berdiri di level 91,672 di sesi Asia setelah naik 0,7% pada hari Kamis

Kenaikan dolar AS terjadi karena imbal hasil obligasi acuan 10-tahun AS kembali melonjak di atas 1,5%, atau mencapai 1,584% di Asia. Minggu lalu, yield obligasi itu melonjak ke puncak satu tahun di 1,614%.

Stimulus fiskal AS yang akan datang menambah bahan bakar pada ekspektasi inflasi yang lebih tinggi, karena percepatan peluncuran vaksin COVID-19 meningkatkan kepercayaan dalam pemulihan ekonomi.

Euro tergelincir 0,2% ke level terendah tiga bulan terhadap dolar AS di level $ 1,19515 menyusul penurunan 0,7% semalam. Dolar AS mencapai tertinggi delapan bulan terhadap yen di level 108,035 yen di awal sesi sebelum melepaskan sebagian besar kenaikannya.

Menteri Keuangan Jepang Taro Aso menolak berkomentar tentang penurunan yen ketika ditanya tentang bagaimana depresiasi akan mempengaruhi perekonomian.

Mata uang berisiko termasuk dolar Australia dan Selandia Baru tergelincir bersama dengan saham karena sentimen investor kembali memburuk. Aussie melemah 0,3% di level $0,7705, memperpanjang penurunan 0,7% hari Kamis. Kiwi turun 0,2%, menambah penurunan 0,8% semalam.

Di pasar cryptocurrency, bitcoin turun 2,3% menjadi $47.272,65. Etherium turun 3,6% menjadi $1.483.43.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here