Apa jadinya jika para lanjut usia (lansia) Indonesia yang tinggal dari seluruh penjuru dunia mengenakan kebaya? Tak hanya itu, para lansia juga menunjukkan kepiawaiannya dalam menyusun kata-kata dengan berpantun. Tentu sangat seru. Demikian yang mengemuka dari peringatan Hari Kartini yang digelar oleh VideoRadio SALT’NPEPPER WASHINGTON DC.

“Foto kebaya dan pantun dari para lansia berdatangan dalam rangka memeriahkan Hari Kartini 2021 yang digelar VideoRadio Salt’NPepper (VidRaSNP) episode ke-21 dengan acara khusus “Kartini ala Vidra Salt’NPepper” , yaitu Kegiatan Lomba Perempuan Berkebaya dan Membuat Pantun yang bertema “Kartini, Emansipasi dan Karya di masa pandemi” khusus untuk para Diaspora Indonesia di seluruh dunia yang berusia 60 tahun ke atas, “ kata Mei Rina ditemani Gaby Hasnan dan Angela Widowati, mewakili panitia “Kartini ala Vidra Salt’NPepper”, Sabtu (24/4/2021).

Menurut panitia, Dewan Juri Lomba Foto Kebaya, yaitu Rahmi Hidayat, Ketua Umum Perempuan Berkebaya Indonesia; kemudian Lana Koentjoro, Ketua Perempuan Indonesia Maju, dan Titiek Puspa, artis senior. Adapun Dewan Juri Lomba Pantun, yaitu Tahta Perlawanan, sutradara, bintang film dan sinetron; kemudian Akhmad Sekhu, wartawan dan sastrawan, dan Andrei Aksana, cerpenis dan novelis.  

Panitia menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 24 April 2021, pukul 9 Pagi waktu Washington, DC (Eastern time), Pukul 15.00 waktu Netherland atau Pukul 20.00 Waktu Indonesia Bagian Barat (negara lain menyesuaikan). Tujuan diadakannya episode 21 ini, adalah untuk melestarikan kebaya dan pantun sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia. Acara akbar ini terselenggara atas dukungan para perempuan Diaspora Indonesia yang sangat mengagumi kekayaan budaya dan seni bangsa Indonesia. Diantaranya para perempuan yang aktif berorganisasi, pelaku seni dan pra profesional, yang akan tampil bersama bintang tamu legendaris Titiek Puspa

Kegiatan VideoRadio Salt’NPepper ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih positif khususnya bagi para lanjut usia (lansia) diaspora Indonesia di mana saja berada untuk terus bersemangat dalam berkarya di masa pandemi, dan sekaligus membantu dalam pelestarian kebudayaan berkebaya dan berpantun ria di tengah derasnya arus perubahan di jaman now.

Selain itu, VidRaSNP menyediakan wadah untuk turut memajukan kebudayaan berkebaya perempuan Indonesia dan berpantun yang dengan keragaman ekspresi berkebayanya serta berpantunnya dapat mendorong para lanjut usia yang juga sebagai penggiat karya anak bangsa yang kreatif dan inspiratif untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif.

VideoRadio Salt’NPepper, sebuah tayangan berbentuk video dengan rasa radio. Lahir di masa pandemi, untuk menghibur para lansia (yang kami sebut Vintage World) di Washington, DC area. Ada tembang-tembang lawas, ada artis-artis kesayangan jaman Vintage World, ada ajang silaturahmi untuk para Vintage World di DC, Maryland dan Virginia (DMV), USA berupa liputan kegiatan mereka, sapa ulang tahun, dan hari istimewa bersama Vintage World.

Di awal masa pandemi, saat Vidra Salt’NPepper mengawali tugas sukarela mendampingi para Vintage World di DMV, sangat terasa betapa para Vintage World saling merindukan satu sama lain untuk ‘bertemu’. Dari kerinduan itu, kemudian melahirkan ide untuk rutin ‘melayani’ mereka ‘bertemu’ secara virtual. Pertemuan-pertemuan tersebut kami kemas dalam suasana yang akrab dan hangat. Maka terciptalah Video Radio dengan sebutan : VIDEORADIO SALT’NPEPPER aka VidRaSNP (#vidrasnp)

Pada kesempatan yang indah ini, Panitia mengundang para budayawan, wartawan, pencinta seni, cendikiawan, dan masyarakat umum untuk memeriahkan kegiatan “Kartini ala Vidra Salt’NPepper”.

KARTINI ALA VIDEORADIO SALT’NPEPPER

Catat waktunya: Sabtu, 24 April 2021

pk. 09:00 pagi Waktu Washington DC –atau–

pk. 03:00 siang Waktu Belanda –atau–

pk. 08:00 malam Waktu Jakarta

silakan bergabung di:

via zoom : https://tinyurl.com/VidRaSNP21

Meeting ID: 867 4331 1737

Passcode: ke21

atau melalui YouTube Live VidRa Salt’NPepper :

https://youtu.be/MrH9tT1lFZw

atau simak juga di Facebook VidRa Salt’NPepper

Jangan lupa untuk Subscribe YouTube kami, lalu bunyikan ‘lonceng reminder’ supaya jangan pernah ketinggalan acara-acara kami selanjutnya.  Oh iya.. Comment, Like & Share juga ya…

Juga yang di Facebook: Comment, Like & Share

#vidrasnp  #vidrasnpwdc  #vidrasnpevent  #vidrasnplombafoto  #vidrakartini2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here