Joe Biden, Trump
Biden Tidak Akan Melunak Kepada China, Lanjutkan Jejak Trump
Eksposisinews – Meski berdiri di kiblat yang berbeda, Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden tidak segan melanjutkan kebijakan ekonomi yang telah dirintis oleh Trump dalam menghadapi dominasi China.

Meski begitu dia tidak akan mengadopsi kebijakan sebelumnya secara ugal-ugalan, melainkan akan melakukan penyesuaian dengan hati-hati sambil memperhatikan situasi dan kondisi yang ada, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari tim transisi Biden, seperti dikutip dari Reuters.

Ada kemungkinan beberapa sanksi dihapus dan ada peluang beberapa sanksi justru diperkuat dan dikembangkan lagi.

Memang belum ada kepastikan format kebijakan seperti apa yang akan ditempuh sang Presiden, karena pembahasan mengenai hal ini baru akan dilakukan ketika Joe Biden resmi dilantik dan aktif berkantor pada 20 Januari tahun depan.

Diawal-awal pemerintahannya, Biden akan menghadapi tantangan serius karena Trump enggan pergi tanpa meninggalkan jejak. Trump yang hanya mampu berkuasa selama empat tahun telah merilis serangkaian kebijakan yang akan sulit untuk dianulir, diantaranya pengetatan sanksi terhadap Iran dan disrupsi hubungan dengan China dengan cara menarget pejabat-pejabat Partai Komunis.

Biden diperkirakan masih akan melakukan cara-cara yang sama, tipikal Amerika dalam kebijakan luar negerinya namun pengambilan keputusan akan dilakukan dengan bijak dan hubungan dengan sekutu akan diperkuat.

Untuk kasus Iran, tidak banyak yang dapat ditawarkan Biden selain peluang pelonggaran sanksi karena keputusan Biden untuk kembali ke meja runding dengan Iran justru mendapat tentangan dari sekutu-sekutu Eropa.

Sementara terhadap China, meski Trump pernah menuduh Biden akan tunduk pada Beijing, Dia justru mengatakan akan mengambil langkah tegas terhadap China, utamanya yang berkaitan dengan hak-hak azasi manusia.

Ini artinya akan ada sanksi tambahan kepada China atas perlakuannya terhadap Hong Kong, Xinjiang dan Tibet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here