Eksposisinews – Mata uang dolar diperkirakan akan terus menguat jelang penghujung minggu seandainya data ketenagakerjaan AS mendorong the Fed menaikkan suku bunga.

Namun banyak kalangan memperkirakan the Fed baru akan menaikkan suku bunga paling cepat di Maret dan dinaikkan beberapa kali lagi. Kebijakan ini membuat imbal balik obligasi AS dan dolar melejit.

Pada Selasa kemarin, dolar menembus level tertinggi dalam lima tahun terakhir pada 116,35 terhadap yen dan berada di kisaran 115,87 diperdagangan Jumat ini (7/1). Posisi dolar akan terkoreksi kembali setelah data ketenagakerjaan rilis.

Sementara yen agaknya akan tertatih karena investor memperkirakan Bank of Japan belum akan menaikkan suku bunga.

Mata uang lainnya seperti aussie terdongrak dikisaran 0,7184 terhadap dolar dan mengalami penurunan sampai 1,5% sepanjang minggu ini. Kiwi mendekati level terendahnya dalam dua minggu terakhir pada 0,6751 terhadap dolar hari ini.

Dolar juga menguat terhadap euro dikisaran $1,1301. Menguat terhadap won Korsel capai level tertinggi dalam 17 bulan terakhir dan menguat terhadap yuan capai level tertinggi dalam enam minggu terakhir. Indeks dolar berada di level 96,206.

Ketua the Fed St. Louis James Bullard mengatakan the Fed akan mulai mengurangi neraca sesaat setelah menaikkan suku bunga, sementara ketua the Fed San Francisco Mary Daly mengatakan pengurangan neraca dilakukan setelah menormalkan suku bunga.

Salah satu faktor yang memicu keyakinan banyak pihak bahwa suku bunga akan dinaikkan dalam waktu dekat adalah data ketenagakerjaan Rabu lalu yang jauh melebihi ekspektasi pasar dan seandainya data non-farm payroll lebih besar dari 400.000 maka perkiraan itu semakin menguat.

Dari Eropa, Bank of England diperkirakan akan segera menaikkan suku bunga, pound berhasil bertahan di level 1,3545 terhadap dolar.

Nasib bitcoin tampaknya belum berubah karena volume perdagangan masih tipis. Bitcoin tembus level terendahnya di angka $40.939, dimana level ini terakhir kali terjadi September tahun lalu. Ether tembus level terendah dalam tiga bulan terakhir di angka $3.245.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here