Investor Ambil Untung Jelang Pergantian Tahun
Investor Ambil Untung Jelang Pergantian Tahun

Eksposisinews – Bursa Asia diperdagangkan kembali melemah setelah investor diduga melakukan aksi ambil untung jelang pergantian tahun.

Diperkirakan aksi-aksi serupa masih akan terjadi mengingat begitu banyak spekulasi yang beredar di pasar. Dari Amerika dilaporkan, voting senat terkait dengan pencairan dana stimulus tertunda.

Pasar cukup optimis akan kondisi perekonomian global setelah beberapa negara mulai mengkampanyekan imunisasi Covid-19 dan bantuan stimulus Amerika Serikat untuk mendongkrak perekonomian nasional.

Bursa Australia dilaporkan melemah 0,79%, Nikkei Jepang melemah 0,03%. Indeks Hang Seng menguat 0,11%. Bursa AS tadi malam juga melemah karena belum ada kepastian stimulus.

Untuk beberapa bulan ke depan, dolar diperkirakan akan melemah karena pemulihan ekonomi yang terjadi tahun depan akan memicu investor berhenti mengejar aset-aset aman seperti dolar dan memilih ambil risiko untuk meraih profit. Dolar melemah terhadap mata uang major sampai 0,29% dan dolar index berada pada level 89,982.

Dari pasar mata uang, euro dilaporkan stabil di $1,2255 setelah sebelumnya sempat memuncaki level $1,2275. Aussie bergerak flat diangka $0,7609, sterling diperdagangkan di $1,3500. Yen terkoreksi pada level 103,55.

Seiring melemahnya dolar, emas kembali bersinar dan kokoh dilevel $1,877,11 per ounce. Minyak West Texas diperdagangkan menguat pada level $48,11 per barrel karena muncul spekulasi paket simulus Covid-19 akan menaikkan permintaan akan minyak mentah dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here