Oscar Darmawan, CEO Indodax (Eksposisi News/Istimewa)

Eksposisi News, Jakarta – INDODAX, platform pionir perdagangan aset kripto pertama dan terbesar di Indonesia sangat antusias atas dilantiknya Hasan Fawzi sebagai Dewan Komisioner OJK Kepala Pengawasan Inovasi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, Dan Aset Kripto periode 2023-2028.

 “Terpilihnya Hasan Fawzi sebagai Dewan Komisioner OJK untuk Inovasi Teknologi Sektor Keuangan termasuk kripto di dalamnya pada periode 2023-2028, memberikan harapan baru di industri kripto. Kami yakin hadirnya Bapak Hasan akan membawa dampak positif pada ekosistem keuangan digital Indonesia dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan,” ucap Oscar Darmawan, CEO INDODAX pada Kamis (10/08/2023).

 Sebagai Dewan Komisioner OJK, Hasan akan mengawasi pelaksanaan bursa kripto berjangka yang juga baru saja diresmikan pada Juli lalu. INDODAX sendiri sangat mendukung pembentukan bursa CFX dengan Subani sebagai Direktur Utama.

 “Kami yakin hadirnya bursa CFX dan Hasan Fawzi selaku Dewan Komisioner OJK untuk  Inovasi Teknologi Sektor Keuangan yang termasuk kripto di dalamnya, dapat memberikan rasa yang aman bagi masyarakat dan meningkatkan perlindungan terhadap trader aset kripto. Dewan OJK ini akan berfungsi sebagai pengawas, sehingga masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. Selain dari itu juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aset kripto,” ucap Oscar.

Oscar sendiri kepada Eksposisi News mengatakan bahwa ia tak menutup kemungkinan hadirnya bursa berjangka ini akan menambah biaya transaksi sebesar 0.02% untuk biaya bursa, depository dan kliring. Namun INDODAX sebisa mungkin tidak akan mengenakan biaya tambahan kepada customernya.

 “Kami akan berusaha untuk melakukan subsidi agar transaksi kripto dalam negeri tidak mahal, sehingga tidak memberatkan para trader aset kripto Indonesia,” ucap Oscar.

Oscar juga menegaskan jika INDODAX memiliki pandangan yang sama dengan apa yang diharapkan oleh Hasan Fawzi. Dimana ia ingin menjadikan kripto sebagai asset inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat melalui kerangka strategi yang diberi nama INOVASI, karena berfokus pada perlindungan investor, pengaturan yang seimbang, pengembangan literasi, dan optimalisasi inovasi teknologi keuangan.

 “Kami mendukung dan menyambut baik kerangka strategi ‘INOVASI’ dari Hasan Fawzi. Kami percaya bahwa program tersebut akan membantu untuk mengembangkan industri aset kripto di Indonesia secara lebih terstruktur dan aman,” ungkap Oscar.

Strategi ‘INOVASI’ ini mencakup sejumlah langkah yang relevan dengan perkembangan industri kripto nasional, yakni

  • –          Investor Protection and Consumer Protection: Sebuah program perlindungan yang komprehensif, sehingga dapat menjaga keamanan dan kepercayaan investor serta konsumen.
  • –          Normalisasi: Sebuah program untuk melakukan pengaturan dan pengawasan yang seimbang dan berimbang oleh OJK dengan pendekatan yang kolaboratif.
  • –          Optimalisasi: Meningkatkan program literasi, inklusi, dan pemanfaatan inovasi teknologi keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto agar dapat dioptimalkan secara efektif.
  • –          Variasi strategi dan program: Memperbanyak strategi/program inovatif yang beragam dalam sektor teknologi keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto untuk menghadapi perubahan dan memenuhi kebutuhan pasar.
  • –          Akselerasi: Mengakselerasi pertumbuhan  yang akan berfokus pada pengembangan ekonomi hijau dan ekonomi baru untuk ekonomi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
  • –          Sinergi: Berkolaborasi bersama membangun industri kripto.
  • –          Integritas pasar: Meningkatkan integritas pasar melalui pengembangan ekosistem industri dan transformasi kelembagaan yang menyangkut aspek tata kelola, sumber daya manusia, serta teknologi.

Oscar mengingatkan jika hal ini bukanlah upaya yang mudah jika dilakukan sendirian. Perlu adanya kolaborasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah dengan pelaku industri kripto. Oleh sebab itu, ia menegaskan bahwa INDODAX siap untuk turut berperan aktif dan berkolaborasi bersama di strategi INOVASI untuk mendorong pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan bagi industri kripto di Indonesia, jelas Oscar. Menurutnya, INDODAX akan terus berkomitmen dalam memberikan kontribusi guna mendukung visi inovatif dan inklusif Hasan Fawzi, sehingga akan membawa perkembangan positif bagi ekonomi digital Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini