Lonjakan kasus COVID-19 dan munculnya varian Omicron akan mengurangi permintaan global untuk minyak, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada hari Selasa (14/12/2021), tetapi gambaran yang lebih luas adalah salah satu peningkatan output yang ditetapkan untuk permintaan tertinggi bulan ini dan melonjak berikutnya tahun.

“Lonjakan kasus COVID-19 baru diperkirakan akan memperlambat sementara, tetapi tidak menaikkan, pemulihan permintaan minyak yang sedang berlangsung,” kata IEA di Paris dalam laporan bulanannya.

“Langkah-langkah penahanan baru yang diberlakukan untuk menghentikan penyebaran virus kemungkinan akan memiliki dampak yang lebih kecil pada ekonomi dibandingkan gelombang COVID sebelumnya,” katanya.

Amerika Serikat akan menjadi satu-satunya peningkatan terbesar dalam output untuk bulan kedua berturut-turut, kata IEA, saat pengeboran meningkat di sana. Tahun depan, Arab Saudi dan Rusia juga dapat membuat rekor untuk produksi tahunan jika kelompok OPEC+ di mana mereka berdua sepenuhnya melepaskan pembatasan produksi yang disepakati. Pasokan minyak global kemudian bisa melonjak 6,4 juta barel per hari (bph) tahun depan dibandingkan dengan peningkatan 1,5 juta barel per hari pada 2021.

IEA menurunkan perkiraannya untuk permintaan minyak tahun ini dan berikutnya masing-masing sebesar 100.000 barel per hari, sebagian besar karena perkiraan pukulan terhadap penggunaan bahan bakar jet dari pembatasan perjalanan baru. Namun, permintaan bahan bakar yang digunakan untuk transportasi jalan raya dan bahan baku petrokimia akan terus meningkat tajam.

Prediksi IEA datang sehari setelah klub produsen OPEC mempertahankan pandangannya sendiri untuk 2021 dan 2022 tidak berubah, mengatakan dampak varian omicron pada permintaan akan “ringan dan berumur pendek”. Pasokan minyak global, naik hanya 1,5 juta barel per hari pada 2021, akan melonjak 6,4 juta barel per hari tahun depan, tambah IEA, dan pasokan akan melebihi permintaan setidaknya hingga kuartal keempat tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here