Leisure

Hari Batik Nasional, Grand Mercure Kemayoran Menggelar Fashion Show

401
Peragaan busana dalam perayaan Hari Batik Nasional di Grand Mercure Jakarta Kemayoran pada Senin (02/10/2023). (Herman Effendi)

Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, Accor Grup, mengundang para tamu menikmati kekayaan lokal Indonesia melalui penawaran KarnavALL Batik Nusantara di hotel dan resor di lebih dari 30 destinasi di seluruh negeri. “Wonders of Nature” menjadi tema yang terinspirasi dari keindahan flora dan fauna Indonesia, yang mewujudkan semangat harmoni dan warisan budaya.

Hari Batik Nasional secara resmi diperingati setiap tanggal 2 Oktober, bertepatan dengan pengakuan resmi UNESCO pada tahun 2009 atas Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Pada perayaan ini, jaringan Accor grup bekerja sama dengan komunitas lokal dan UMKM batik.

Para tamu diajak untuk menyelami dunia batik yang mempesona dengan penawaran kamar eksklusif termasuk sarapan lezat, oleh-oleh batik yang dipilih dengan cermat, atau suvenir berbahan batik. Pengalaman membatik yang mendalam lainnya juga disediakan di hotel-hotel, seperti hidangan teh sore bernuansa batik, pameran UMKM lokal yang menginspirasi, peragaan busana batik yang indah, lokakarya membatik, talkshow batik yang menarik, dan banyak lagi.

Begitu juga dengan Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran, sukses menyelenggarakan pagelaran batik yang bertajuk “KarnavALL Batik Nusantara”. Bertempat di Plumeria Lounge, digelar fashion show Anggalang by Omar, Batik Betawi, dan Komunitas Batik Betawi Tambora. Selain itu para pengunjung mendapatkan pengalaman membatik Bersama Batik Betawi Tambora.

“Kami dengan bangga mempersembahkan KarnavALL Batik Nusantara – Wonders of Nature sebagai sarana untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan batik, tidak hanya mencakup hotel dan resor kami di seluruh Indonesia, namun juga menginspirasi lebih dari sekadar pengalaman menginap. Kami dengan sepenuh hati mendukung inisiatif pemerintah dan menyadari pentingnya pemberdayaan komunitas lokal. Dukungan kami diperluas ke mitra ekonomi kreatif dan UMKM, dan tujuan kami adalah menginspirasi kejayaan Indonesia melalui seni batik, “ kata Garth Simmons, Chief Executive Officer of Accor’s Premium, Midscale and Economy Division in Asia.

Secara terpisah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, “Saya memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas perayaan yang memancarkan semangat dan keindahan budaya yang begitu berharga dalam sejarah dan warisan budaya kita. Batik bukan hanya sebuah kain indah, tapi juga sebuah cerita tentang identitas kearifan lokal dan kreativitas tanpa batas.”

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa sebagai warisan budaya yang senantiasa harus dijaga kelestariannya, kecintaan dan apresiasi dengan beragam cara. UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia untuk dunia pada tahun 2009 lalu, kehormatan ini membuat seluruh masyarakat Indonesia terangsang untuk berkreasi dan mengolah batik dalam aneka kerajinan tangan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here