Harga emas dalam jangka pendek diperkirakan bisa bertahan diatas $1.200 per troy once. (Lukman Hqeem/Ist.)
Harga emas dalam jangka pendek diperkirakan bisa bertahan diatas $1.200 per troy once. (Lukman Hqeem/Ist.)

Harga emas tetap dalam penawaran jual yang lebih baik, meskipun tengah berkonsolidasi dalam perdagangan yang sideways. Bulan Desember ini ternyata tidak memberi banyak pialang tentang volatilitas harga emas yang telah terakumulasi antara $1.762 – $1.808 dengan tanpa arah. Harga cenderung tertekan.

Penurunan hari ini adalah salah satu yang terbesar yang telah kita lihat sejauh ini untuk bulan ini dan dengan laporan inflasi AS dan Federal Reserve di tikungan, ada risiko lonjakan dolar AS. Ini terjadi pada saat greenback mungkin disukai sebagai salah satu permainan safe-haven yang lebih andal karena varian covid terus menyebar ke seluruh dunia, meninggalkan nada suram di pasar keuangan.

Harga emas berada di bawah tekanan pada hari Selasa menyusul data AS dan menjelang keputusan Federal Reserve. Logam Mulia menembus harga $1780 dan jatuh ke $1766, sebagai level terendah sejak 3 Desember.

Dari bawah, emas berusaha rebound ke $1777 dimana tengah bergerak di kisaran $1770, namun masih saja dalam tekanan negatif. Penurunan dimulai setelah rilis angka PPI AS yang mengirim imbal hasil AS lebih tinggi.

Yield Obligasi AS tenor 10-tahun naik dari 1,44% menjadi 1,47% dan 30-tahun menjadi 1,86% dari 1,82%. Pergerakan di pasar obligasi melemahkan emas. Pada saat yang sama, dolar memperoleh momentum tetapi membukukan kenaikan terbatas. Greenback masih tetap berada di posisi negatif untuk hari ini terhadap sebagian besar rival utamanya, meskipun diperdagangkan dalam kisaran baru-baru ini.

Pelaku pasar menunggu hasil pertemuan FOMC. Pada hari Rabu bank sentral akan mengumumkan keputusannya tentang kebijakan moneter. Bank sentral diperkirakan akan mengumumkan pengurangan lebih cepat dari program pembelian obligasi.

Emas diyakini masih akan berada di bawah tekanan. Pemulihan di atas $1780 akan mengurangi tekanan. Sebaliknya dukungan harga di $1760 diikuti oleh $1745. Pada perspektif yang lebih luas, $1795 adalah harga yang harus ditembush sebelum mengarah ke $1800 lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here