Ilustrasi batangan emas. Foto oleh Zlataky / Unsplash.

Emas berada di jalur penurunan mingguan pertamanya dalam empat minggu setelah dolar menguat, meskipun harga tetap stabil pada hari Jumat (08/12/2023) karena pasar menantikan data utama pekerjaan AS untuk mengukur kemungkinan penurunan suku bunga oleh Federal Reserve pada awal bulan Maret.

Harga emas di pasar spot naik tipis 0,1% menjadi $2,030.32 per ounce pada 14:50 WIB. Namun emas batangan telah turun hampir 2% untuk minggu ini sejauh ini. Emas di bursa berjangka AS stabil di $2,047.10.

Emas mencapai titik tertinggi sepanjang masa di $2,135.40 pada hari Senin di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga oleh The Fed, sebelum turun lebih dari $100 karena ketidakpastian mengenai waktu penurunan suku bunga.

Sementara itu, Indek dolar AS (DXY)  berada di jalur yang tepat untuk menghentikan penurunan tiga minggu berturut-turutnya, membuat emas yang dihargakan dalam greenback menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Harga Emas tetap mendapatkan dukungan baik di atas level $2.006 per troy ons, namun data payrolls yang lebih kuat dari perkiraan dapat menempatkan level dukungan ini dalam bahaya.

Data minggu ini menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja AS secara bertahap kehilangan momentum karena biaya pinjaman yang lebih tinggi membatasi permintaan dalam perekonomian yang lebih luas. Laporan non-farm payrolls AS untuk bulan November akan dirilis pada pukul 20.30 WIB, yang seharusnya menunjukkan bahwa pemberi kerja menambah 180.000 pekerjaan pada bulan lalu.

Pasar memperkirakan peluang 60% penurunan suku bunga AS segera pada bulan Maret, menurut FedWatch Tool CME, namun jajak pendapat Reuters menunjukkan suku bunga tidak berubah hingga setidaknya bulan Juli.

Suku bunga yang lebih rendah cenderung mendukung emas batangan yang tidak berbunga.

Prospek emas masih sangat cerah. Diperkirakan harga akan tetap berada di kisaran $2.005 dan pada sisi positifnya dapat menguji $2.080 dalam waktu dekat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini