Diskon emas fisik mencapai tingkat tertinggi dalam tujuh minggu terakhir di India karena kuatnya harga domestik yang membatasi pembelian, sementara premi di Cina berayun lebih tinggi minggu ini karena optimisme permintaan yang berasal dari langkah-langkah kebijakan negara tersebut untuk mendukung perekonomian.

Hingga penutupan perdagangan di hari Jumat, (08/09/2023) harga premium emas di Cina naik hingga $55 per ounce dibandingkan harga spot global pada minggu ini, menurut sumber Reuters dari $20-$38 pada minggu lalu. Langkah-langkah kebijakan untuk mendukung perekonomian diperkirakan akan meningkatkan permintaan emas fisik, kata Peter Fung, kepala transaksi di Wing Fung Precious Metals.

Data resmi pada hari Kamis juga menunjukkan bahwa Bank Rakyat Tiongkok meningkatkan kepemilikan emasnya menjadi 69,62 juta troy ons halus pada akhir Agustus.

Sebagaimana diketahui bahwa Cina secara konsisten menambah cadangan emasnya selama 10 bulan terakhir, sebagai bagian dari upayanya untuk melakukan diversifikasi dari dolar AS. Meskipun Cina telah menerapkan serangkaian langkah kebijakan untuk menghidupkan kembali perekonomian yang melambat, tidak ada indikasi PBoC mengeluarkan kuota impor emas.

Di India, dealer menawarkan diskon hingga $5 per ons dibandingkan harga resmi dalam negeri – termasuk tarif impor sebesar 15% dan pungutan penjualan sebesar 3%, naik dari diskon minggu lalu sebesar $4.

“Permintaan sangat sensitif terhadap harga. Pembeli berhenti sejenak ketika harga naik,” kata Harshad Ajmera, pemilik JJ Gold House, pedagang grosir di Kolkata. Harga emas lokal diperdagangkan sekitar 59.200 rupee per 10 gram pada hari Jumat, naik hampir 2% dalam tiga minggu.

Pedagang menjual emas batangan dengan harga premium $0,50-$3,50 di Hong Kong dan antara $1,20 dan $3 di Singapura. Di Jepang, di mana harga emas domestik diperdagangkan pada level tertinggi pada minggu ini, dealer mengenakan premi $0,5.

Seorang pedagang yang berbasis di Tokyo mengatakan bahwa “mengejutkan” bahwa investor lokal membeli emas pada tingkat yang tinggi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini